Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Strategi Marketing Di Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Kamu

5 Strategi Marketing Di Instagram Untuk Meningkatkan Penjualan Kamu


Sebagai pebisnis online atau personal brand yang mempunyai produk atau jasa, tentu kamu harus mengetahui apa saja strategi marketing diinstagram. Setidaknya ada 5 strategi yang umum yang bisa kamu gunakan untuk membantu memasarkan produk atau jasa atau dapat juga digunakan untuk membangun brand awareness atau traffic kesebuah website dan menciptakan leads.

Berikut adalah 5 strategi marketing diinstagram yang bisa kamu gunakan


1. Paid Promote

Merupakan kerjasama dengan pihak ketiga yang menyediakan jasa upload foto, video, dan stories didalam account Instagram pihak ketiga tersebut. Biasanya account Instagram ini berisi content : dakwah, wisata, fashion, kuliner, artis/selebgram, KOL/influencer.


2. Endorse

Sama dengan paid promote, endorse adalah kerja sama dengan pihak ketiga, dimana tugas kita adalah membayar fee, memberikan produk dan mengirimkan produk kita secara gratis kepada pihak ketiga tersebut.


Biasanya pihak ketiga ini adalah influencer/selebgram/artis. Dimana mereka memiliki authority yang tinggi, sehingga seringkali diminta jasanya untuk menjadi model dari beberapa produk


Sebaiknya kamu meminta video testimony kepada selebgram kita, dari testimony tersebut dapat kita scale up dalam Instagram marketing, facebook ads, email marketing, whatsapp, dan lain – lain.


3. Brand Ambassador

Sistem kerja brand ambassador hamper sama dengan endorse, namun yang membedakan adalah sistem kerjanya. Dimana brand ambassador memiliki 2 kewajiban yaitu:


  1. Model disesi photo.
  2. Upload diinstagram, stories, dan Instagram live.


Sedangkan untuk proeses pengimiriman produk, manajeman photographer, manajeman asisten photographer, sewa tempat, edit photo dan video serta pembuatan konten semuanya dikerjakan oleh kita. Jadi tugas brand ambassador hanya tinggal upload saja. Maka biaya produksi dapat ditekan jauh melebihi biaya endorse secara akumulatif.

Baca Juga : tips marketing di facebook

4. Instagram Ads

Iklan diinstagram dapat dilakukan lewat facebook business manajer dimana memiliki pengaturan yang fleksibel dalam penargetan audience. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan dalam beriklan diantaranya:


  1. Berkunjung ke profil Instagram.
  2. Berkunjung ke website atau marketplace.
  3. Contact langsung menuju whatsapp.


Ada 3 campaign objective yang bisa kamu lakukan yaitu: awareness, consideration, dan conversion.


5. Giveaway

Dengan melakukan giveaway akun kita akan mendapatkan traffic ayng cukup tinggi pada saat giveaway berlangsung, namun sangat disarankan giveaway tepat sasaran dengan memberikan hadiah produk giveaway berupa produk yang memang akan dilaunching.


Dengan teknik giveaway yang tepat, kita dapat menghindari mendapatkan follower yang merupakan giveaway hunter, dimana ketika produk di launching bisa jadi follower ini tidak ada keinginan untuk membeli produk kita. 


itulah trik 5 strategi marketing di instagram yang bisa kamu gunakan untuk menaikkan penjualan atau traffic. semoga bermanfaat.