Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Temukan Arah Kiblat Tanpa Aplikasi

 

Cara Mudah Temukan Arah Kiblat Tanpa Aplikasi


Apa itu Arah Kiblat?

Sebelum membahas tentang cara melihat arah kiblat online, tentu kamu harus mengetahui definisi lengkap dari arah kiblat itu sendiri. Arah kiblat merupakan arah yang dituju oleh umat muslim saat melakukan shalat wajib.


Dalam beberapa kasus, banyak yang menentukan arah kiblat dengan menggunakan kompas hingga aplikasi khusus pada HP yang memanfaatkan teknologi GPS.


Bagaimana Cara Menentukan Arah Kiblat Online?

Selain menggunakan bantuan aplikasi, ternyata ada cara menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi yang bisa kamu coba secara langsung saat bepergian, diantaranya:


Aplikasi kompas, beberapa aplikasi kompas pada HP sudah dilengkapi dengan informasi tambahan seperti jadwal shalat, waktu matahari terbit, hingga terbenamnya matahari.

Situs web khusus, ada begitu banyak situs website yang sudah dirancang khusus untuk membantu umat Islam menentukan arah kiblat online tanpa aplikasi.

Google Maps, ternyata fitur bawaan Google juga dapat digunakan untuk menentukan arah kiblat, hanya perlu memasukkan lokasi dan memperbesar peta pada lokasi.


Apa Saja Situs Web yang Dapat Digunakan untuk Menentukan Arah Kiblat Online?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, ada salah satu cara menentukan arah kiblat online yang bisa kamu terapkan saat sedang bepergian yaitu mengeceknya langsung di situs website. Sayangnya tidak semua situs website dapat digunakan untuk mengecek arah kiblat.

Terdapat beberapa situs website yang bisa digunakan untuk mengecek arah kiblat seperti Qibla Finder, ArahKiblat.net, al-habib.info, hingga islamicfinder.org. Semua situs website tersebut bisa kamu akses menggunakan berbagai perangkat mulai dari HP, tablet, laptop, hingga komputer.

Sama seperti situs website lainnya, sayangnya kamu hanya bisa mengakses situs tersebut apabila perangkat yang digunakan sudah terhubung ke internet. 

Artinya jika perangkat kamu sedang offline maka kamu tidak bisa menggunakan cara menentukan arah kiblat online dengan website ini.

Bukan hanya itu, jika kamu memilih cara menentukan kiblat dengan HP menggunakan website ini, pastikan sudah mengatur lokasi dengan tepat. Tujuannya agar arah kiblat yang ditentukan sudah sesuai dan tidak melenceng dari arah kiblat.


Apa Saja Aplikasi yang Dapat Digunakan untuk Menentukan Arah Kiblat Online?

Jika kamu merasa nggak cocok dengan cara menentukan arah kiblat online menggunakan website, maka bisa menerapkan cara menentukan arah kiblat pakai aplikasi HP. 

Sama dengan situs website, kini sudah ada beberapa aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mencari tahu arah kiblat dengan mudah.

Tetapi ada yang membedakan situs web dengan aplikasi arah kiblat adalah aksesnya, ada beberapa aplikasi yang dapat diakses secara offline berbanding terbalik dengan situs web yang hanya bisa diakses secara online.

Kelebihan ini tentu memungkinkan bagi kamu yang suka bepergian dan sedang memiliki kendala jaringan sinyal. Jadinya nggak perlu repot-repot untuk menepi mencari jaringan sinyal yang kuat untuk cari tahu arah kiblat.

Beberapa aplikasi arah kiblat yang direkomendasikan untuk diunduh adalah kompas arah kiblat kompas, kompas kiblat – arah kiblat, muslim pro: ramadhan 2024, jadwal sholat dan kiblat, arah muslim, kompas arah kiblat Indonesia, iPray: Prayer Times & Qibla, dan masih banyak lagi.


Semua aplikasi tersebut bisa kamu unduh langsung pada berbagai perangkat seperti HP atau tablet. Kamu juga bisa mengunduhnya secara gratis melalui Google Play Store atau App Store, jadinya nggak perlu repot mengeluarkan dana.

semoga bermanfaat