Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan

Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan


Microsoft excel sendiri merupakan sebuah software spreadsheet yang paling banyak digunakan diseluruh dunia. Hal ini karena excel biasa digunakan di hampir semua bidang pekerjaan mulai dari akutansi, keuangan, industri, statistik, dan penelitian.

Beberapa rumus excel dibawah ini paling sering digunakan sehingga penting dan wajib banget untuk kamu ketahui. Apa aja rumusnya?simak penjelasan dibawah ini.

Rumus Excel Yang Paling Sering Digunakan



1. MATCH

Match berguna untuk mencari nilai tertentu pada range, list atau label lalu mengembalikan hasil dan menampilkan posisi relative sebuah nilai yang dikenal dengan sebutan range, list, atau table


Rumusnya adalah sebagai berikut: Match: Syntac:=MATCH(lookup_value, lookup_array,[match_type]


2. INDEX

Berfungsi mengambil sebuah nilai dari range atau tablet yang tersedia. Misalnya mengambil kata sawi pada list kolom sayuran makarumus ini akan mengindeks lokasi nilai yang diinginkan.


Rumusnya adalah sebgai berikut: index: syntac: = INDEX (array, row_num, [column_num])


3. SUM

Sum berfungsi menjumlahkan suatu bilangan pada daftar excel, kamu bisa menggunakan SUM untuk menambahkan data per cell dalam satu range maupun beberapa range.


Rumusnya adalah sebagai berikut: SUM: Syntac: = SUM (number1, [number2]…)


4. LOOKUP

Lookup berfungsi untuk mencari sebuah bilangan nilai pada suatu kolom maupun row. Namun kebanyaka orang sudah sering menggunakan rumus VLOOKUP atau HLOOKUP.


Rumusnya adalah sebagai berikut: LOOKUP: Syntac: =LOOKUP(lookup_value,array)


5. IF

IF berfungsi mengembalikan atau enampilkan suatu nilai apabila ada pernyataan yang benar atau menampilkan sebuah nilai juka pernyataan bernilai salah 


Rumusnya adalah IF: syntac: = IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false])


Itulah 5 rumus excel yang paling seirng digunakan untuk perhitungan – perhitungan sederhana, semoga bermanfaat.