Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakta Tentang Clubhouse, Sosial Media Baru Yang Tengah Naik Daun

Fakta Tentang Clubhouse, Sosial Media Baru Yang Tengah Naik Daun


Beberapa hari belakangan ini aplikasi clubhouse menjadi salah satu media social yang banyak diperbincangkan banyak orang.

Clubhouse merupakan media social berbasis aplikasi obrolan suara yang didirikan oleh paul division dan rohan seth lewat aplikasi clubhouse, pengguna bisa melakukan streaming audio, melakukan panggilan suara, hingga membuat acara dengan topik khusus yang dikemas mirip seperti podcast.

Sebelum kamu mencoba aplikasi ini, sebaiknya kamu pahami terlebih dahulu fakta – fakta tentang clubhouse.


1. Baru Bisa Digunakan Di IOS

Saat ini aplikasi clubhouse baru hadir untuk system operasi IOS, jadi baru pengguna gadget besutan apple (iphone, ipad, ipod touch) saja yang bisa mengunduh aplikasi ini. Pengguna IOS bisa mendapatkan aplikasi clubhouse melalui toko palikasi appstore. Disamping itu aplikasi ini hanya kompetibel di IOS 13 atau yang lebih baru.


2. Kapan Hadir Untuk Pengguna Android 

Pengguna smartphone barbasis android tampaknya masih harus bersabar untuk memakai aplikasi ini. Sebagaimana dilansir dilaman resmi clubhouse, dua pendirinya mengabarkan bahwa mereka tengah mengerjakan aplikasi clubhouse untuk system operasi android. Namun belum ada keterangan resmi mengenai kapan tanggal resmi rilis clubhouse versi android.


3. Harus Punya Undangan

Yang menjadi keunikan dari aplikasi ini adalah pengguna tidak bisa serta merta membuat akun clubhouse begitu saja. Pengguna clubhouse harus mendapatkan undangan terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini. Undanga tersebut bisa diperoleh dari pengguna clubhouse yang sudah terdaftar terlebih dahulu.


Kamu bisa meminta undangan dari teman atau kerabat yang sudah lebih dahulu mendaftar aplikasi clubhouse. Nantinya mereka akan mengirimkan kode aplikasi untuk bisa membuat aku baru. Tiap pengguna baru bisa mengundang dua orang pengguna lainnya. Jumlahnya akan bertambah seiring meningkatnya pemakaian. Pengundang harus memiliki nomor telepon orang yang akan diundang, untuk dikirimi tautan kesitus clubhouse. Disini pengguna bisa membuat akun dengan nomor telpon tadi.


4. Gratis, Tetapi Banyak Undangan Dijual Di E-Commerce

Sebenarnya pengguna clubhouse hanya perlu meminta undangan kepada kerabat mereka yang sudah terlebih dahulu bergabung. Undangan itupun diberikan secara cumacuma alias gratis. Namun karena undangan keanggotaan yang sifatnya masih terbatas. Sejumlah pengguna clubhouse memanfaatkan peluang ini untuk mendapatkan keuntungan. Karena beberapa pengguna clubhouse terlihat menjual undangan keanggotaan di sejumlah situs e-commerce.


5. Terancam Diblokir Kominfo

Dibalik kepopulerannya, aplikasi clubhouse terancam diblokir oleh kementrian telekomunikasi dan infromatika. Hal ini dikarenakan clubhouse belum mendaftarkan sebagai penyelenggara system elektronik (PSE) di Indonesia. Clubhouse memiliki waktu hingga 24 mei 2021 untuk mendaftarkan diri agar aplikasinya bisa tetap dinikmati diindonesia.


Itulah beberapa fakta tentnag clubhouse yang bisa kamu ketahui. Semoga bermanfaat.