Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bikin Video Pendek yang Menarik di Media Sosial

 

Tips Bikin Video Pendek yang Menarik di Media Sosial


Menonton video berdurasi panjang seperti di YouTube memang menyenangkan tapi itu semua tidak terlepas dari teaser atau bocoran yang dibuat di media sosial lebih dulu lewat sebuah video pendek dengan durasi antara 10 detik sampai dengan 1 menit.

 

Video pendek ini bisa dianggap sebagai sebuah iklan untuk mempromosikan content creator atau pembuat video. Apabila video pendek ini menarik maka bisa menciptakan rasa penasaran yang menontonnya untuk menelusuri lebih dalam sosok pembuat video atau konten tersebut.

 

Kini dengan beragam media sosial yang menawarkan fitur video pendek maka siapapun bisa mulai mencoba membuat konten yang menarik, misalnya yang ditawarkan aplikasi tiktok, IG, maupun Facebook. Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat video pendek yang menarik:


1. Buat username yang unik dan menarik

Sebelum mulai menuangkan ide kreatif ke sebuah video pendek dengan beragam efek dan konten yang menarik, tentukan lebih dulu username atau nama kamu di media sosial.

 

Username bisa menjadi kunci utama agar Kamu menarik perhatian dan membuat penonton penasaran. Kamu bisa membuat username yang unik dan mudah diingat, makanya hal ini bisa dibilang gampang-gampang susah.

 

2. Ciptakan personal image

Tidak hanya diingat dari nama yang unik, personal image juga bisa membedakan Kamu dari content creator lain. Misalnya, apabila Kamu menyukai hobi tertentu maka jadikan hobi tersebut sebagai konten.

 

Tidak hanya memamerkan hobi tapi apabila Kamu bisa membagikan pengetahuan atau tips dan trik di dalamnya maka konten video akan semakin menarik.

 

3. lima detik pertama divideo itu penting

lima detik pertama merupakan durasi krusial yang menentukan seseorang akan terus menonton atau melewatkannya. Di lima detik pertama video pendek Kamu, coba lakukan sekreatif mungkin untuk menunjukan pesan penting, kostum atau properti yang akan disajikan dalam video tersebut.

 

4. Dapatkan perhatian penonton dengan tulisan

Meskipun video menjadi konten yang akan ditonton tapi jangan lupa sertakan teks, tulisan atau yang biasa kita sebut caption yang menarik dan mungkin lebih mudah dijelaskan sehingga tidak memakan banyak waktu di video pendek yang dibuat.

 

Saat ini sudah banyak fitur atau efek untuk membuat teks atau tulisan menjadi lebih menarik, mulai dari warna, jenis huruf, ukuran, hingga efek yang melengkapinya.

 

5. Konsisten mengunggah konten

Apabila semua poin di atas sudah dilakukan dan terbukti menarik penonton untuk melihat semua karya Kamu, jangan lupa untuk konsisten dalam mengunggah atau membuat konten.

 

Konsisten untuk mengunggah konten terbaru akan membuat penonton terus mengingat Kamu dan membagikan konten tersebut ke orang lain. 


Itulah 5 tips bikin video pendek yang menarik di media social. Semoga bermanfaat.