Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan Aplikasi Telegram Sebagai Sarana Komunikasi Yang Aman


Aplikasi telegram mempunyai kesamaan dengan aplikasi yang bernama whatsapp. Sama – sama aplikasi untuk berkirim pesan, namun dari segi jumalh pengguna aplikasi whatsapp memiliki jumlah pengguna yang jauh lebih banyak daripada telegram. Walau kalah jumlah
pengguna bukan berarti aplikasi telegram tidak mempunyai keunggulan.

Artikel kali akan membahas beberapa keunggulan dari aplikasi berkirim pesan yang bernama telegram. Mari kita simak ulasan dibawah ini.

Tentang Aplikasi Telegram


Telegram dikembangkan oleh perusahaan pengembang telegram messenger llp, diciptakan oleh pengusaha asal rusia yang bernama Parel Durov.

Aplikasi telegram tersedia dalam perangkat telepon seluler (android dan IOS) dan juga terdapat pada perangkat komputer baik windows maupun linux. Jadi aplikasi telegram pada PC bisa dijadikan alternatif jika aplikasi pada perangkat seluler kamu bermasalah. 

Para pengguna aplikasi telegram dapat melakukan kegiatan berkirim pesan, maupun berkirim foto, video, audio, dan tipe berkas lainnya. Pengiriman pesan pada aplikasi telegram sidah terenskripsi optional.

Keunggulan Aplikasi Telegram


Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh telegram dibanding dengan pesaing terdekatnya yaitu whatsapp. Telegram hanya kalah jumlah dan kalah terkenal dari whatsapp saja. Berikut adalah beberapa keunggulan dari aplikasi telegram.

1. Terdapat Secret Chat

Keunggulan yang dimiliki oleh telegram dibanding dengan aplikasi sejenis lainnya adalah terdapatnya fitur secret chat. Fitur ini memungkinkan terjalinnya komunikasi secara rahasia dengan teman di kontak telegrammu. Fitur secret chat ini dibekali dengan sistem keamanan yang sangat baik yaitu encryption end – to – end, dimana setiap pesan yang terkirim tidak dapat di forward atau diteruskan ke chat lainnya.

Bahkan untuk pengguna aplikasi telegram PC bisa mengatur kapan pesan yang dikirim terhapus atau hilang. Fitur ini bernama self distruct timer.

2. Aplikasi Telegram Gratis

Telegram adalah apikasi yang gratis dan akan gratis seterusnya. Dulu pesaingnya whatsapp pernah menerapkan tarif tahunan sampai akhirnya benar – benar gratis.

Telegram juga mengirim lebih cepat dan akurat, hal ini kare telegram berbasis cloud maka pesan yang dikirmkan otomatis lebih cepat.

3. Hemat Memory Internal

Telegram sangat hemat dalam penggunaan memory internal. Hal ini karena telegram mengambil ruang penyimpanan pada smartphone kita itu berbasis cloud dan pilihan manajemen cache. Telegram hanya mengambil hampir nol ruang penyimpanan pada smartphone.

4. Dapat Diakses Secara Bersamaan Di Berbagai Perangkat

Telegram dapat diakses pada PC atau laptop. Telegram mempunyai keunggulan karena mmepunyai sinkronasi yang mulus. Apabila pengguna sedang menggunakan komputer atau laptop, aplikasi telegram pada smartphone tidak perlu aktif sehingga bisa lebih menghemat baterai.

Selain itu karena aplikasinya yang berukuran kecil yaitu hanya sebesar 17, 5 MB membuat aplikasi telegram sangat cocok untuk dijalan pada hp android kelas low end.

Itulah 4 keunggulan dari aplikasi telegram yang bisa kamu peritmbangkan untuk akhirnya mendownload aplikasi telegram. Semoga bermanfaat.