Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengguna M-Banking Sebaiknya Memperhatikan Hal – Hal Ini

 

Pengguna M-Banking Sebaiknya Memperhatikan Hal – Hal Ini

semakin hari pengguna m-banking atau digital banking semakin banyak, karena kemudahan bertransaksi keuangan hanya dari sebuah telepon genggam saja. Dengan fitur – fitur yang disediakan oleh masing – masing bank, kita bisa dengan mudah mentransfer uang, bayar cicilan kartu kredit, bahkan mengambil uang di ATM tanpa menggunakan kartu debit.

Tetapi seiring peningkatan penggunaan m-banking ini juga membuat terjadinya kejahatan dunia maya (cyber crime) yang dilakukan oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab. Jadi kamu harus selalu berhati – hati dalam menggunakan m-banking kalau tidak mau uang kamu pindah keorang lain tanpa kamu sadari.

Ada 4 hal yang harus kamu lakukan untuk mencegah atau setidaknya mengurangi resiko menjadi korban kejahatan dunia maya.


1. Jangan Menggunakan WI-FI Publik


Jika kamu sedang berada ditempat umum , sebaiknya hindari login apalagi transaksi m-banking menggunakan wifi ditempat umum. Karena kita tidak tahu keamanan WI-FI tersebut. Jika mempunyai keamanan lemah bisa saja data kamu diretas oleh hacker dan uang kamu dikuras. Serem banget kan.


2. Ganti PIN Secara Berkala

Kamu termasuk orang yang malas untuk mengganti pin secara berkala dengan alasan ribet?admin saranin sih jangan males – males banget ya. Justru kamu harus selalu mengganti pin m-banking setidaknya 2 bulan sekali karena ini bisa mencegah pencurian data dari HP kamu.


3. Aktifkan Autentfikasi Akun

Ini salah satu hal yang wajib kamu lakukan. Saat melakukan transaksi m- banking harus ada autentifikasi password serta melakukan verifikasi transaksi yang telah dilakukan. Dengan begini akun m-banking kamu akan terlindungi dengan baik dan transaksi keuangan kamu jadi lebih aman.


4. Perbaharui Data Kamu Secara Rutin

Rutin memperbaharui data kau yang tersimpan di bank adalah cara agar akun kamu terhindar dari scamming.

Mulai dari alamat, simcard, OTP. Jangan lupa aplikasi m-banking juga harus selalu diupdate supaya layanan keamanan yang baru semakin meningkat.


Itulah hal – hal yang jangan kamu sepelakan ketika menggunakan m-banking, agar terhindar dari peretasan. Semoga bermanfaat