Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Podcast Menggunakan Smartphone

 

Cara Membuat Podcast Menggunakan Smartphone

Saat ini, konten podcast semakin diminati oleh masyarakat. Kategori konten dan creator-nya pun semakin beragam. Jumlah pendengar podcast di Indonesia didominasi oleh anak muda, yaitu 22,1% pendengar podcast berusia 15-19 tahun, dan sebanyak 22,2% pendengar podcast lainnya berusia 20-24 tahun.


Dengan tingginya minat akan produksi konten podcast, mulai banyak orang tertarik untuk mencoba membuat konten podcast, termasuk para YouTuber dan Influencer.


Berikut  tips Bikin Podcast Pakai Smartphone supaya konten podcast yang dibuat bisa lebih maksimal.


1. Atur jarak mic dengan sumber suara

Yang harus kamu perhatikan saat membuat konten podcast adalah soal kejernihan suara. Saat merekam konten podcast, perhatikan jarak antara microphone dengan mulut atau sumber suara. Kenali juga posisi yang paling menghasilkan suara terbaik dari segi volume dan daya tangkap. Posisi ideal microphone saat kamu membuat konten adalah  tidak horizontal dengan mulut, tetapi sedikit di bawah mulut.


Jarak paling ideal antara microphone dengan sumber suara adalah lima hingga tujuh jari.  Kamu juga bisa mennggunakan kain untuk menutup lubang microphone agar dapat mengurangi noise pada suara yang dihasilkan.


2. Matikan notifikasi saat merekam

Tentunya kamu perlu konsentrasi penuh saat membuat konten podcast, apalagi jika harus ngobrol dengan orang lain. Sebaiknya, kamu mematikan terlebih dulu notifikasi di smartphone-mu agar kamu tidak terganggu. Tau kamu juga bisa menggunakan fitur airplane mode saat merekam podcast, hal ini juga akan membantu mengurangi daya tahan baterai smartphone kamu. Jadi kamu bisa membaut podcast dengan durasi yang lebih panjang.


3. Kenyamanan dalam mendengarkan konten

Jika sudah selesai merekam kontenmu, kamu harus memposisikan diri sebagai pendengar dari kontenmu. Dengarkan kontenmu dari awal sampai selesai. Apakah kamu sudah cukup nyaman mendengarkannya? Atau masih ada suara-suara yang mengganggu?


Jika sudah nyaman selanjutnya kamu bisa masuk proses editing beberapa aplikasi editing yang cukup baik untuk mengedit konten podcast, seperti Wave Editor, Dolby-On, dan N Track.


Itulah cara membuat podcast menggunakan smartphone. Semoga bermanfaat.