Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Paling Mudah Transfer Kontak Antar Ponsel

Cara Transfer Kontak dari Satu Ponsel ke Ponsel Lainnya



Melakukan transfer kontak merupakan hal paling rumit bagi seseorang setiap kali akan berganti ponsel. Kontak merupakan bagian penting dalam sebuah ponsel karena berisi nomor penting yang harus Kamu simpan, apalagi jika nomor tersebut menyangkut soal pekerjaan.


Transfer Kontak Antar Ponsel

Gonta ganti ponsel menjadi hal biasa diberbagai kalangan, namun masalah ini jangan sampai terjadi apalagi jika Kamu harus kehilangan semua kontak Kamu. Biasanya orang akan tambah rumit jika mereka ingin memindahkan antar ponsel. Misalnya dari Android ke iPhone ataupun sebaliknya dari iPhone ke Android. Ini mungkin tampak seperti tantangan karena belum ada proses transfer data sekali klik di antara keduanya.


Tapi jangan khawatir, sekarang Ada beberapa cara yang dapat membuat migrasi antara Android dan iOS menjadi pengalaman yang mudah untuk Kamu. Dalam panduan ini, Penulis akan memberikan 3 langkah mudah yang bisa Kamu lakukan jika ingin mentransfer kontak dari Android ke iOS atau iOS ke Android.


Cara Transfer Kontak dari Satu Ponsel ke Ponsel Lainnya

Baik Kamu sedang melakukan transisi dari iOS ke Android, atau mengganti ponsel Android yang ada dengan iPhone. Salah satu cara paling mudah untuk Kamu lakukan dengan memanfaatkan akun Google yang dapat memudahkan Kamu memindahkan kontak dari satu perangkat ke perangkat lainnya.


Menggunakan aplikasi Move to iOS

Jika Kamu ingin memindahkan kontak Kamu dari perangkat Apple, maka Kamu dapat memanfaatkan aplikasi ini. Move to iOS secara khusus melayani Kamu untuk membantu pengguna Android mentransfer data mereka termasuk kontak ke iPhone baru pada saat penyiapan. Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.


Download dan instal aplikasi Move to iOS pada ponsel Android Kamu melalui Google Play Store.

Buka aplikasi Move to iOS dan ketuk Lanjutkan. Setujui syarat dan ketentuan dalam aplikasi dan berikan izin untuk mengakses lokasi dan kontak, kalender, penyimpanan, dan pesan pada perangkat Kamu.

Kamu kemudian akan mencapai layar Temukan Kode Kamu. Ketuk Lanjutkan, setelah itu Kamu akan diminta memasukkan kode. Sekarang, mulailah mengatur iPhone baru Kamu dan setelah Kamu mencapai layar Aplikasi & Data, ketuk Pindahkan Data dari Android. Kamu akan mendapatkan kode 10 digit atau 6 digit

Masukkan kode ini pada perangkat Android Kamu

Maka kemudian Kamu akan melihat layar Transfer Data. Sekarang Kamu harus memilih apa yang ingin Kamu transfer. Klik Kontak (dan data lain yang ingin Kamu pindahkan) dan ketuk Berikutnya

Tunggu hingga bilah pemuatan pada iPhone selesai, dan proses Transfer Kamu selesai.



Menggunakan Akun Google

Cara ini dapat Kamu lakukan untuk berpindah antar keduanya. Baik dari Android ke iOS maupun dari iOS ke Android. Akun Google menjadi ruang umum yang berfungsi baik dengan perangkat Android maupun iOS. Oleh karena itu, ini adalah salah satu opsi termudah untuk mentransfer kontak dari satu ponsel ke ponsel lainnya.


  • Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Android Kamu, ketuk Akun lalu, pilih akun Google Kamu
  • Ketuk Sinkronisasi Akun dan pastikan sakelar Kontak dalam posisi Aktif.
  • Sekarang, buka Pengaturan pada iPhone Kamu dan ketuk Kata Sandi & Akun
  • Pilih Tambahkan Akun, kemudian pilih opsi Google
  • Tambahkan akun Google yang sama dengan perangkat Android Kamu ke iPhone atau sebaliknya.
  • Setelah Kamu menambahkannya, maka semua kontak Kamu otomatis akan masuk ke perangkat Kamu.


Menggunakan File VCF

Sama seperti akun Google, cara ini juga dapat Kamu lakukan pada kedua perangkat. VCF juga lebih dikenal dengan sebutan vCard. File VCF adalah stkamur Internet untuk menyimpan informasi kontak. Kamu cukup mengklik dan menyimpan dan dengan mudah membaca file .vcf yang dikirimkan kepada Kamu.


  1. Buka aplikasi Kontak pada ponsel Kamu
  2. Klik ikon roda gigi atau tiga titik pada sudut kanan atas layar untuk membuka menu dan ketuk Impor/Ekspor
  3. Pilih Ekspor ke file .vcf lalu pilih folder tempat Kamu ingin menyimpan file .vcf Kamu
  4. Sekarang, buka folder yang berisi file VCF melalui File Manager dan kirimkan ke akun email yang Kamu gunakan ke perangkat lain.
  5. Selanjutnya unduh file VCF dan buka. Pilih opsi Tambahkan semua kontak untuk melihat semua kontak Kamu dari perangkat lama Kamu.

Semoga Bermanfaat