Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu eSIM, Keunggulan, dan Cara Mendapatkannya

Apa Itu eSIM, Keunggulan, dan Cara Mendapatkannya


Ada begitu banyak pembaruan yang terjadi dibidang teknologi, salah satunya adalah eSIM yang disebut sangat praktis dan efisien. Sayangnya, masih banyak yang belum mengerti tentang eSIM dan bagaimana cara mendapatkan eSIM. Kira-kira bagaimana ya?


Apa itu eSIM?

Sebelum mengetahui tentang bagaimana cara mendapatkan eSIM tentu kamu harus tahu definisi dari eSIM itu sendiri. eSIM merupakan singkatan dari embedded Subscriber Identity Module atau embedded SIM.


Lebih jelasnya, eSIM merupakan bentuk baru dari kartu SIM yang terpasang langsung ke dalam perangkat elektronik seperti, tablet, HP, atau smartwatch.


Hal yang membedakan eSIM dengan SIM adalah fisiknya, jika untuk SIM bisa dilepas pasang secara manual, sedangkan untuk eSIM ditanamkan secara permanen pada perangkat sehingga tidak perlu repot-repot melepas pasangnya.


Kelebihan eSIM dari Kartu SIM Biasa

Selain fisiknya, eSIM juga menawarkan beberapa kelebihan lainnya bagi pengguna. Kelebihan ini bisa kamu jadikan sebagai pertimbangan, diantaranya:

Lebih mudah dalam mengelola jaringan, pengguna eSIM dapat dengan mudah beralih antara operator atau menglola langganan tanpa perlu repot mengganti fisik SIM.

Multi-device connectivity, dengan menggunakan eSIM pengguna akan jauh lebih mudah untuk menghubungkannya ke beberapa perangkat ke jaringan seluler tanpa harus menukar SIM fisik.

Aktivasi jarak jauh, berbeda dengan SIM jika menggunakan eSIM kamu bisa melakukan aktivasi kartu jarak jauh sehingga memungkinkan pengguna mengganti atau mengaktifkan SIM kapan saja.

Kemudahan dalam bepergian, saat menggunakan eSIM pengguna akan jauh lebih mudah mengakses jaringan seluler lokal di berbagai negara tanpa perlu mengganti dan mencari kartu SIM fisik.


Kekurangan eSIM

Meskipun eSIM menawarkan begitu banyak kelebihan dan keunggulan untuk para pengguna, tapi eSIM ini juga memiliki beberapa keunggulan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Terdapat beberapa kekurangan eSIM yang wajib kamu ketahui, yaitu:

Kompatibilitas perangkat, tidak semua perangkat mendukung adanya eSIM, sehingga pengguna harus mengecek perangkat yang digunakan terlebih dahulu jika ingin memakai eSIM.

Keterbatasan dukungan, belum semua operator seluler di seluruh dunia sudah mendukung adanya eSIM, hal ini bisa jadi masalah bagi pengguna yang baru ingin beralih dari SIM ke eSIM.

Pengaturan dan aktivasi yang kompleks, biasanya pada pengaturan awal dan aktivasi eSIM memerlukan beberapa langkah tambahan dibandingkan dengan kartu SIM fisik.

Keamanan, diketahui eSIM memiliki risiko akses yang tidak sah atau duplikasi identitas mungkin lebih sulit dideteksi karena tidak ada kartu SIM fisik.

Operator yang Menyediakan Layanan eSIM

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata di Indonesia ada beberapa operator seluler yang menyediakan produk eSIM seperti, Indosat Ooredoo, Smartfren, dan XL Axiata.

Ketiga operator seluler tersebut bisa kamu pilih jika ingin menggunakan eSIM. Meskipun begitu, ada baiknya buat kamu untuk melakukan cek review terlebih dahulu sebelum pilih menggunakan operator seluler yang sesuai.

Bukan hanya itu saja, kamu juga perlu mengecek berapa biaya menggunakan eSIM pada ketiga operator seluler tersebut, sehingga bisa memprediksikan berapa dana yang perlu dikeluarkan nantinya.


Cara Mengaktifkan eSIM

Setelah mengetahui operator seluler apa yang menyediakan produk eSIM, langkah selanjutnya yang perlu diketahui adalah bagaimana cara mengaktifkannya. Ada beberapa langkah dalam mengaktifkan eSIM, diantaranya:


  1. Langkah pertama pastikan terlebih dahulu bahwa perangkat seluler yang digunakan mendukung eSIM.
  2. Hubungi operator seluler yang ingin digunakan.
  3. Jika sudah mendapatkan QR code langsung buka pengaturan pada menu perangkat.
  4. Selanjutnya klik SIM dan jaringan seluler.
  5. Setelah itu, pilih opsi tambahkan eSIM atau aktifkan eSIM.
  6. Kemudian pindai QR code yang diberikan oleh operator seluler.
  7. Kalau sudah, langsung ikuti proses aktivasi pada layar HP.
  8. Lakukan reboot atau ativasi SIM jika memang dibutuhkan.
  9. Langkah selanjutnya, pastikan perangkat sudah terhubung ke jaringan seluler menggunakan eSIM.

Bagaimana Cara Menghapus eSIM?

Bukan hanya cari tahu bagaimana caranya mengaktifkan eSIM saja, kamu juga perlu tahu bagaimana cara menghapus eSIM. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus eSIM, yaitu:


  1. Langkah pertama, buka pengaturan pada menu perangkat seluler.
  2. Langsung cari atau klik SIM dan jaringan seluler.
  3. Jika sudah, langsung klik opsi eSIM.
  4. Setelah itu klik eSIM yang ingin dihapus lalu klik hapus atau nonaktifkan.
  5. Tunggu beberapa saat kemudian konfirmasi penghapusan dengan masukkan kata sandi.
  6. Kalau sudah, langsung saja reboot perangkat untuk beberapa perangkat tertentu.
  7. Kemudian tunggu beberapa saat sampai proses selesai, lalu cek apakah perangkat sudah terhubung ke jaringan yang diinginkan.