Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal - Hal yang menyebabkan Hp Android Terlalu Panas

Penyebab Hp Android Terlalu Panas

Buat kamu pemakai android pasti sudah tidak asing lagi ketika hp yang sedang kamu pakai terasa panas, bahkan melebihi kondisi normal. Keadaan hp android yang panas ini kalau dibiarkan akan berakibat fatal karena bisa menyebabkan beberapa komponen rusak selain baterai itu sendiri yang rusak tentunya. Seperti tidak dapat di charg yang berakibat kamu harus mengganti baterai baru. Kali ini saya akan mengupas tentang penyebab baterai hp android terlalu panas. Lalu bagaimana  cara mengatasinya.

Penyebab hp android terlalu panas

1. Memainkan Game Terlalu Lama
Yup…main game yang terlalu lama akan sangat berpengaruh pada suhu baterai hp android kamu. Terlebih game yang dimainkan adalah game online dan memiliki grafis yang bagus. Hal ini akan menyebabkan baterai akan cepat terkuras dan meningkat suhunya.karena untuk menjalankan game berat hp android harus bekerja secara maksimal.

Cara mengatasinya adalah kamu bermain game yang sewajarnya jangan terlalu overtime, ketika dirasa hp android kamu sudah mulai panas maka berhenti sejenak untuk menurun kan suhu baterai hp android kamu. Selain itu mainkan game yang sesuai dengan spesifikasi hp android kamu, supayahp android kamu tidak bekerja keras untuk memainkan game yang bukan spek-nya.

2. Multitasking Yang Banyak
Banyak user android yang tidak sadar ketika selesai menggunakan aplikasi hanya menekan tombol home atau back saja tidak keluar dari aplikasinya. Hal ini menyebabkan aplikasi masih berjalan di background, dan jika terlalu banyak akan meneyebabkan hp android kamu panas. Biasakan untuk menutup aplikasi sengan menekan exit atau logout untuk aplikasi social media. Atau kamu bisa menggunakan aplikasi killer yang bisa kamu download di google playstore.

3. Masalah jaringan sinyal
Hal ini sering dialami didaerah – daerah yang jaringan sinyal kamu masih susah. Sinyal yang minim apalagi jauh dari jangkauan jaringan provider yang kamu gunakan bisa menyebabkan hp android kamu akan panas. Karena datika pada situasi susah sinyal hp android kamu dipaksa untuk terus mencari jaringan sinyal. Coba deh kamu bedakan antara provider yang sinyalnya bagus dengan yang tidak, pasti yang sinyalnya jelek akan membuat hp android kamu cepat panas karena sinyal muncul hilang.

4. Terlalu banyak aplikasi
Hal ini masih berhubungan dengan multitasking yang banyak tadi. Jika banya aplikasi yang berjalan akan menyebabkan hp android kamu panas dan juga akan mengurangi kinerja hp kamu karena membuat memori hp andoid kamu menjadi penuh. Sebaiknya kamu hapus aplikasi yang tidak penting dan menggunakan aplikasi yang penting – penting saja.

5. Aplikasi Crash/Error
Aplikasi yang tidak berjalan sempurna akan sangat membebani RAM serta akan mengganggu aktifitas dari hp android kamu. Coba kamu cari apakah ada aplikasi yang error atau crash di hp kamu, biasany aplikasi ttersebut selalu minta force close jika dibuka. Kamu hapus saja aplikasi tersebut. Kemudian kamu install ulang aplikasinya kembali.

Jika cara diatas masih belum bisa menghilangkan masalah panas di hp android kamu, bisa jadi dalam komponen hp kamu ada yang mengalami arus pendek atau OS android kamu yang eror sehingga perlu kamu flash ulang. Semoga bermanfaat