Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berbagai Penyebab Kartu Sim Card Tidak Terbaca Dismartphone

Berbagai Penyebab Kartu Sim Card Tidak Terbaca Dismartphone


SIM card menjadi hal penting buat penggunaan perangkat elektronik sejenis smartphone baik itu Iphone maupun android. Apakah kamu pernah mengalami SIM card yang tidak bisa terbaca atau tidak terdeteksi?. Bisa jadi dibawah ini adalah penyebabnya.


1. Usia Pakai Kartu SIM Terlalu Lama

Setiap barang tentu memiliki usia pakai tersendiri, termasuk SIM card yang memiliki masa pakai beragam. Mulai dari 3 – 5 tahun. Material plastik dan kuningan pada SIM card akan mengalami degradasi sehingga kurang layak untuk digunakan.


2. SIM Card Overheat

Masalah panas yang berlebih umumnya seringkali terjadi dibeberapa ponsel android. Posisi kartu SIM umumnya terletak didekat komponen yang rawan panas, menyebabkan benda ini overheat dan merusak kuningan beserta data didalamnya.


3. Kuningan SIM Card Sudah Rusak

Kuningan adalah komponen terpenting dalam sebuah SIM card karena berisikan data – data pengguna. Selain rusak termakan waktu kuningan ini juga bisa rusak karena sering dipindahkan ke HP lain sehingga akan lebih banyak mengalami gesekan.


Itulah deretan penyebab SIM card kamu tidak bisa terbaca atau tidak terdeteksi di smartphone kamu, kalua kamu mengalami hal ini ada baiknya kamu langsung datang ke service center provider yang terdekat untuk melakukan replace kartu SIM. Semoga bermanfaat