Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Plant Photography, Saatnya Memotret Tanaman Lebih Aesthetic



Tips Plant Photography,Saatnya Memotret Tanaman Lebih Aesthetic


Dimasa pandemi ini banyak orang yng menghabiskan waktunya dirumah. Selain melakukan pekerjaan dan sekolah, banyaknya waktu luang dirumah dimanfaatkan untuk melakukan hobi – hobi baru seperti kegiatan menanam. Menanam atau berkebun booming selama pandemi covid-19 ini. Orang – orang berlomba mananam dan menghias taman rumah menjadi asri dan indah.

Setelah hobi menanam dilakukan, ada baiknya kamu mencoba salah satu hobi yang masih berhubungan dengan tanaman. Yup…sesuai judul tulisan ini namanya plant photography, yaitu memotret tamanan yang sudah kamu tanam disekitar rumah atau tanaman tetangga juga boleh.he..he..

Mau tahu apa aja tips plant photography?silakan kamu baca dibawah ini sampai selesai, supaya hasil foto kamu terlihat ciamik

1. Manfaatkan Cahaya

Hindari foto ditempat yang terlalu gelap ataupun terlalu terang, kamu bisa menggunakan reflector disc atau clip on ring light untuk membantu menerangi foto yang redup. Selain itu kamu juga harus pintar memanfaatkan angle pengambilan foto supaya cahaya alami bisa menjadi filter yang cakep untuk foto kamu.


2. Pilih Frame Subjek Jepretanmu Yang Menarik

Supaya makin estetik, coba bingkai subjekmu dengan objek yang diposisikan agak diluar fokus, misalnya disamping atau sebagai background maupun foreground. Kamu juga bisa memakai cahaya dan bayangan sebagai bingkai objek.


3. Fokus Pada Subjek Foto

Plant photography yang bagus ditandai dengan fokus yang jelas pada subjek. Tingkat ketajaman fokus dan seberapa kabur objek lain dalam jepretanmu akan sangat bergantung pada emosi apa yang ingin kamu tonjolkan dalam foto.


4. Ikuti Rule Of Third

Rule of third akan membantu kamu membuat foto yang seimbang dengan mudah. Foto akan dipecah menjadi 9 kotak dengan 2 garis horizontal dan 2 garis vertikal. Kamu bisa menempatkan elemen foto kamu disepanjang perpotongan garis biar gambarmu seimbang.


5. Latihan Dan Latihan

Kamu harus sering latihan supaya skill fotografi kamu semakin meningkat, misalnya dengan menggunakan wide angle lens untuk memotret phon dari atas kebawah.

Itulah 5 tips plant photography untuk mendapatkan foto tanaman yang estetik. Jangan lupa setelah difoto upload kemedia sosial kamu biar makin eksis.