Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Yang Dibajak atau Dihack

Cara Mengembalikan Akun Whatsapp Yang Dibajak atau Dihack


WhatsApp saat ini mampu merajai platform komunikasi di hampir belahan dunia. Walaupun memiliki desain tampilan yang sederhana, tapi whatsapp mempunyai fitur – fitur yang sangat berguna, tentu saja ini menjadi alasan mengapa WA digemari dan sangat populer di kalangan pengguna smartphone.

 

Inilah yang menjadikan whatsApp platform chatting terpopuler di dunia. Namun terkadang ada beberapa permasalahan yang kerap kali ditemui oleh para pengguna WA. Salah satunya adalah, whatsapp yang yang diretas atau dibajak oleh oknum yang tidak diketahui.


Ciri-Ciri Akun WhatsApp Dibajak

Nah perlu kamu ketahui, bahwa pada beberapa kasus terdahulu bahwa Ciri whatsapp yang akan dibajak biasanya whatsApp akan mengirimkan notifikasi yang isinya nomor telepon tidak terdaftar di WA.


isi pesan tersebut kira-kira seperti ini:


“Nomor telepon Anda tidak lagi terdaftar di WhatsApp pada telepon ini. Mungkin karena Anda telah mendaftarkannya pada telepon yang lain. Jika Anda tidak melakukan ini, verifikasi nomor telepon Anda untuk kembali ke akun Anda.”

Maka jika muncul pesan pop up seperti itu, nantinya pada bagian bawah akan tersedia dua opsi yaitu “verifikasi” atau “Ok”. Jika sobat memilih opsi “Oke” maka secara otomais akun WhatsApp akan beralih ke hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab.


Jika memilih “verifikasi” maka WhatsApp akan mengirimkan sobat nomor PIN 6 digit ke SMS. Nah disini sobat bisa input nomor tersebut dan sobat dapat kembali akun sobat!


Atau yang admin alami adalah ada chat WA masuk mengatasnamakan kasir minimarket yang salah memasukkan voucher game dan minta dikembalikan dengan mengklik chat yang berisi link tetapi dengan menggunakan bahasa thailand




Cara Mengembalikan Akun WhatsApp yang Dibajak


Menurut pakar dari firma keamanan siber Vaksincom, Alfons Tanujaya, ada tiga tahapan sederhana untuk kamu mengembalikan kembali akun yang telah dibajak hacker atau oknum yang tidak bertanggung jawab.


“Caranya simpel. Pertama instal ulang WhatsApp. Kedua, masukkan nomor HP Anda. Ketiga, ketika terima SMS notifikasi segera disetujui untuk mengambil kembali akun Anda. Akun akan otomatis kembali dan logout dari perangkat lain,” kata Alfons, kepada kumparan, Rabu (13/5).


Nah lebih jelasnya, berikut langkah-langkah kamu untuk mengembalikan akun Whatsapp kamu yang dibajak:


  • Pertama, silahkan kamu buka whatsApp di HP kamu.
  • kemudian, kamu bisa Login dengan nomor telepon yang telah didaftarkan.
  • pastikan nomor tersebut aktif dan dapat di hubungi ya! Karena nomor tersebut untuk menerima verifikasi.
  • Nah jika sudah, silahkan kamu masukkan kode 6 digit yang WhatsApp kirim ke SMS untuk verifikasi nomor.
  • Yup, maka secara otomatis oknum yang membajak atau meretas akun Whatsapp sobat akan kehilangan akses ke akun kamu. disini kamu sudah mengambil alih akses akun Whatsapp.
  • Silahkan kamu amankan akun dengan mengaktifkan verifikasi 2 langkah (2-step authentication).



Agar WhatsApp kamu selalu aman untuk digunakan dan dijauhkan dari serangan hacker atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnya, kamu bisa ikuti tips berikut ini :


  • Kunci ganda HP kamu, mulai dari PIN, Sidik Jari, atau yang lainnya.
  • Selalu Log out jika habis menggunakan whatsapp web di komputer atau laptop.
  • Jangan mengakses web yang tidak jelas.
  • Jangan Menginstall aplikasi yang tidak resmi dan tidak jelas
  • Abaikan jika ada pesan masuk untuk verifikasi, jika bukan dengan pihak whatsapp resmi.
  • Jika kamu mendaftar salah satu aplikasi misal shopee, atau apapun itu, saat melakukan verifikasi mereka mengirimkan Kode OTP lewat whatsapp. jangan pernah kamu bagikan OTP tersebut kepada orang lain. 
  • Jangan menggunakan whatsapp MOD atau whatsapp yang tidak resmi.


Diatas adalah cara mengembalikan akun whatsapp yang dibajak serta ciri-cirinya dan tips agar akun whatsapp sobat aman. Semoga bermanfaat.