Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memilih Aplikasi Al-Quran Android yang Cocok untuk Kamu

 

Memilih Aplikasi Al-Quran Android yang Cocok untuk Kamu

Rasanya tidak lengkap kalau smartphone kita tidak diisi dengan aplikasi alquran, setidaknya perkembangan teknologi setinggi apapun harus tetap disisipi dengan nilai-nilai spiritual. Apalagi sebentar lagi akan memasuki bulan suci Ramadhan. Keberadaan aplikasi al-quran di ponsel pintar kamu tentunya bisa meningkatkan ibadah dibulan suci selain berpuasa kamu juga disa membaca al-quran siaat waktu senggang. Untuk mempermudah kamu dalam mencari aplikasi al-Quran android yang cocok, saya mencoba memberikan review aplikasi android yang paling populer di playstore.


Aplikasi Al-Quran Android yang Cocok Untuk Kamu Baca Saat Bulan Ramadhan


1. Al-Quran (Free)

Aplikasi alquran kreasi isysway.com ini cocok untuk kamu yang sudah lancar dalam membaca al-Quran. Sangat simple dan tampilannya sangat memudahkan untuk membaca alquran sehari-hari, karena design tampilannya mirip seperti kitab alquran biasa. Versi gratisnya ini sudah dilengkapi dengan fitur bookmark yang memudahkan memberi tahu sisa bacaan kita, ukuran teksnya juga bisa diperbesar dan diperkecil, lalu kamu juga bisa mengganti warna huruf dan tema bahkan tersedia pula fitur audio murottal dari Qari yang kita pilih sendiri, tetapi harus didownload terpisah. 


2. MyQuran Lite (Indonesia)

Aplikasi MyQuran Lite adalah aplikasi bikinan anak negeri yang justru kini menjadi salah satu yang terbaik dan paling banyak diunduh di playstore. Aplikasi ini mempunyai fitur sangat lengkap, bahkan untuk versi gratisnya. Aplikasi ini cocok untuk Kamu yang baru belajar al-Quran, belajar makhraj, belajar tajwid, belajar hafalan Quran, hingga terjemahan yang lengkap. Salah satu fitur yang melengkapi aplikasi ini adalah sudah dilengkapi dengan doa-doa dari al-Quran. Dengan aplikasi ini bisa menambah ilmu bacaan al-quran kamu.


3. Al-Quran Bahasa Indonesia

Aplikasi ini dikembangkan oleh Martinvillar. Yang paling membedakan dari aplikasi alquran android lainnya adalah tampilannya seperti al-Quran terjemahan Depag dan dilengkapi dengan Ajiza’. Jadi jika Kamu ingin mencari arti al-quran dengan cepat maka aplikasi ini yang cocok untuk kamu. Selain itu aplikasi ini juga memungkinan untuk menyalin atau mencopy ayat-ayat al-Quran dengan mudah, serta mampu berpindah surah secara instan. 


4. iQuran

Jika dilihat dari urusan tampilan, saya pribadi sangat suka aplikasi iQuran ini. Design aplikasinya sangat rapih dan indah, begitu pula dengan tampilan ayat Quran yang sudah dilengkapi petunjuk tajwid warna-warni sehingga memudahkan dalam membaca Quran. Aplikasi ini sangat cocok untuk di HP Android akan – anak. Karena aplikasi ini dikembangkan di luar jadi terjemahan hanya tersedia dalam bahasa Inggris saja. 


5. Beautiful Quran

Jika aplikasi lain hanya menyediakan terjemahan ayat per ayat, maka jika Kamu mencari terjemahan kata per kata maka aplikasi Beautiful Quran inilah jawabannya. Terjemahan defaultnya bahasa inggris namun sekarang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Soal tampilan Kamu tak perlu khawatir, karena Beautiful Quran sudah tentu tampilannya indah. Dilengkapi dengan pilihan tema berwarna putih, hitam atau mushaf dan tampilan bisa diatur sesuai juz, dan surah.


6. Ayat – Holy Quran

Untuk urusan fitur dan kelengkapan aplikasi ini sudah cukup mumpuni dan tidak berbeda jauh dengan versi PC-nya. Yang membedakan dengan aplikasi lain adalah aplikasi ini memiliki tiga pilihan mushaf yaitu Mushaf Tajwid, Mushaf Al-Madinah, dan Mushaf Warsh. Ayat – Holy Quran.


Demikian artikel memilih aplikasi al-quran android ini, mudah-mudah Kamu menemukan aplikasi yang cocok. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.