Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lupa Password Facebook?Begini Cara Mengatasinya

cara mengatasi lupa kata sandi Facebook



Ketika mengetikkan alamat dan kata sandi yang didaftarkan sebelumnya dan malah mendapatkan pop-up notifikasi password dan email salah, kamu tak perlu panik. Lupa password FB bukan akhir dari segalanya, kok. Solusi dan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah ini ternyata mudah untuk dipraktikkan.


Cara Mengatasi Lupa Password Facebook

Tak perlu panik dan buru-buru membuat akun baru, sebenarnya kamu tinggal mengikuti cara mengatasi lupa kata sandi Facebook yang bisa dilakukan dalam beberapa langkah. Dalam kurun waktu tak sampai 5 menit, kamu bisa kembali mengakses akun tersebut tanpa harus kehilangan daftar teman dan group yang sudah ada.


Ketika akan masuk ke akun Facebook, kamu tentu harus mengisi e-mail dan password yang sudah didaftarkan di kolom yang berada di pojok kanan atas. Apabila muncul notifikasi yang bertuliskan Incorrect Password, mungkin saja ada yang salah. Bisa saja ada typo ketika kamu mengetik e-mail maupun password.


Coba ulangi lagi dengan mengetikkan secara perlahan dan memastikan tidak ada typo. Apabila hasilnya masih sama dan kamu belum bisa log in, langkah yang harus diambil adalah dengan memaksimalkan melakukan reset kata sandi atau fitur lupa password Facebook. Untuk lebih lengkapnya, ikuti tutorial di bawah ini.


1. Fitur Lupa kata sandi Anda?

Solusi jitu dan cara mengatasi lupa password FB tercepat adalah dengan klik Lupa kata sandi Anda? Letaknya ada di pojok kanan atas dekat dengan kolom e-mail dan password ketika akan log in. Apabila berkali-kali memasukkan data yang diminta tapi tetap gagal masuk, ikuti tutorial ini untuk menemukan solusi tercepatnya.


  • Klik Lupa kata sandi Anda?
  • Selanjutnya, kamu akan diarahkan ke halaman Temukan Akun Kamu
  • Masukkan data yang diminta. Pilih salah satu antara alamat e-mail, nomor HP, maupun nama lengkap
  • Klik Cari dan tunggu sampai kamu diarahkan ke page selanjutnya


2. Reset password

Langkah solutif selanjutnya untuk melanjutkan cara mengatasi lupa kata sandi Facebook adalah dengan melakukan reset kata sandi. Setelah melakukan cara sebelumnya, kamu akan diarahkan ke laman yang berisi Atur Ulang Kata Sandi Anda.


Dari page ini, akan muncul tiga opsi cara yang bisa dipilih. Yakni melalui email, link, maupun via SMS. Karena di kasus ini kamu lupa kata sandi, tinggal klik Tidak punya akses ke sini lagi untuk melanjutkan dan mempercepat langkahnya.


3. Masukkan email atau nomor HP


Di langkah ini, kamu hanya perlu memasukkan email ataupun nomor HP yang sebelumnya sudah terdaftar. Klik tombol Lanjutkan dan tunggu proses selanjutnya yang akan muncul dalam waktu beberapa detik. Setelah loading selesai, kamu akan diarahkan masuk ke laman privacy lainnya.


4. Pertanyaan keamanan

Setelah memasukkan kembali email maupun nomor HP, langkah selanjutnya yang harus dipenuhi adalah menjawab pertanyaan keamanan yang kamu pilih saat membuat akun dulu.


Kamu perlu mengingat kembali apa pertanyaan yang dipilih saat signup. Selain itu, kamu juga perlu mengingat dengan akurat jawaban yang dimasukkan ke kolom yang answers. Maka dari itu, alangkah baiknya kamu memang harus mencatat pertanyaan privasi ini ketika membuat akun di platform mana pun. Jangan karena butuh cepat dan ingin segera memakai akunnya, kamu jadi asal-asalan memilih dan menjawab. Di saat genting seperti ini, kegunaan mereka baru benar-benar dibutuhkan.


Setelah berhasil menjawab pertanyaan keamaan, klik Lanjutkan atau Next. Tunggu sebentar sebelum kamu diarahkan ke laman selanjutnya.


5. Buat password baru

Setelah semua langkah ketika lupa password Facebook di atas sudah terpenuhi, kamu sudah masuk ke cara terakhir, yakni membuat password baru. Kamu akan diarahkan ke laman yang bertuliskan untuk memasukkan password baru di kolom yang sudah ada. Isi kedua kolom tersebut dengan kata sandi barumu. Jika sudah, klik Lanjutkan atau Next.


Tak lama kemudian, kamu akan mendapatkan link untuk mengonfirmasi password barumu. Klik link tersebut untuk melanjutkan proses verifikasi. Setelah itu, kamu akan mendapatkan notifikasi yang memberitahukan bahwa kamu bisa log in kembali dalam kurun waktu kurang lebih 24 jam atau bahkan bisa lebih cepat dari estimasi tersebut.


Dalam kurun waktu yang sudah ditentukan, kamu sudah bisa untuk mulai mengakses dan log in ke akun yang sebelumnya tidak bisa dibuka karena lupa password Facebook. Tanpa perlu bikin baru, kamu bisa kembali aktif di media sosial tersebut dengan memulihkan password lama menjadi baru. 

Itulah cara mengatasi lupa password facebook. Semoga bermanfaat