Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point



Aplikasi untuk presentasi yang menarik seperti Power Point merupakan salah satu aplikasi yang diandalkan ketika kita diharuskan untuk membuat sebuah presentasi yang berkualitas dan mudah untuk dipahami. Presentasi dengan slideshow emang udah jadi standar untuk mengajar ataupun memberikan seminar, dan presentasi yang baik akan membuat materimu jadi lebih mudah dipahami.


Namun sebenarnya ada aplikasi lain selain Power Point yang bisa kamu untuk membuat presentasi yang  yang baik dan menarik, Bahkan aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menggantikan aplikasi powerpoint yang biasa kamu gunakan.


Rekomendasi Aplikasi Presentasi Selain PowerPoint yang Menarik

Menurut beberapa orang, aplikasi untuk presentasi terbaik ini bisa bisa menggantikan keberadaan Microsoft Power Point lho, bahkan lebih menarik dan interaktif dengan fungsi yang lebih banyak.



1. Zoho Show

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point


Zoho Show adalah aplikasi presentasi terbaik yang punya fitur yang dasar yang mirip dengan berbagai aplikasi presentasi lainnya: slide di sebelah kiri, tool di sebelah kanan, dan slide yang kamu kerjakan ada di tengah. Kamu bisa tambah slide baru dengan layout standar, dan memindahkan teks ataupun gambar.


Ketika materi presentasi udah siap, kamu bisa membagikan slide presentasimu ke internet, sehingga orang lain bisa mengunduh kopiannya. Bahkan kamu bisa mem-broadcast slidemu ini secara live chat kepada para partisipan, dan juga mereka bisa meninggalkan komentar di hasil presentasinya. Sangat komunikatif sekali bukan jika kamu menggunakan Zoho Show ini.


2. Prezi

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point


Prezi lebih mirip seperti sebuah aplikasi untuk membuat mindmap dengan sebuah kanvas besar untuk menampung semua materi presentasi. Kamu bisa memasukkan sebuah grafis berukuran besar yang menghubungkan semuanya, misalnya sebuah galaksi, peta kota, ekosistem laut ataupun grafis yang detail.


Untuk melihat detail poinnya, cukup klik tiap poin yang udah kamu buat, dan Prezi akan memperbesar bagian tersebut untuk melihat secara lebih detail apa yang udah kamu tulis, lalu kamu bisa kembali ke keadaan sebelumnya untuk navigasi ke poin lain. Kamu bisa tambahkan teks, video, gambar, atau subpoin lain.


3. Swipe


Kamu punya beberapa materi presentasi yang mengambil data dari PDF, YouTube, gambar ataupun GIF? Swipe bisa mengubah semuanya jadi presentasi yang menarik dengan memasukkannya ke editor. Aplikasi untuk presentasi terbaik ini emang nggak sebebas aplikasi sejenis lainnya, tapi Swipe mengubah file yang udah ada ke dalam presentasi dengan lebih cepat dan sederhana.


Kamu bisa tambahkan fitur polling dengan pilihan ganda untuk mendapatkan feedback dari partisipan, membagikan link-nya, dan mereka bisa melihat-lihat file PDF yang udah kamu bagikan, menonton videonya, dan melihat apa materi presentasi yang udah kamu bagikan selagi kamu presentasi.


4. Visme


Presentasi yang baik adalah ketika materi presentasi yang disajikan lebih banyak menampilkan visual dan sedikit teks. Karena itu Visme adalah aplikasi untuk presentasi yang tepat, karena aplikasi ini bisa menampilikan infografis, data visual, laporan, maupun resume dengan template yang udah disediakan dalam aplikasi ini.


Nggak cuma itu aja, tampilan backgrond HD membuat slide yang kamu buat jadi presentasi yang menarik. Aplikasi presentasi gratis ini juga menyediakan jutaan gambar, ribuan ikon vektor, grafik dan berbagai jenis font untuk membuat visual presentasi yang baik.



5. Canva

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point


Pengin membuat materi presentasi yang menarik tanpa harus mendesainnya di Photoshop? Canva adalah aplikasi presentasi offline terbaik yang dirancang untuk berfokus pada desain: cover buku, menu, cover majalah, poster, resume, dan lain-lain. Dengan gambar-gambar yang udah tersedia, background dan juga layout teks, kamu bisa membuat materi presentasi yang menarik.


Grafisnya sangat mudah untuk disesuaikan, dengan opsi tambahan untul mengatur layout teks, gambar, maupun font? Kalo nggak cocok dengan gambarnya, kamu juga bisa masukin gambarmu sendiri, simpan hasil slidenya, lalu bagikan langsung dari dalam aplikasi Canva kepada partisipan yang lain.


6. Slidebean

6 Rekomendasi Aplikasi untuk Presentasi yang Menarik selain Power Point


Kalo kamu pengin membuat presentasi yang menarik tanpa harus melewati prosesnya dari nol, tapi materi presentasinya cukup detail, Slidebean adalah aplikasi presentasi gratis terbaik yang bisa kamu coba. Yang perlu kamu lakukan hanya membuat semacam outline, membuat header, unggah gambar, memasukkan detail grafik, pilih tema, dan Slidebean akan membuat slidenya.


Slide yang dibuat secara otomatis ini akan mengatur dan menata semuanya, lalu hasilnya bisa kamu ubah kalo kamu merasa ada yang kurang pas. Aplikasi ini sangat efektif untuk membuat materi presentasi yang baik dan tertata dengan lebih cepat. 


Itulah aplikasi presentasi selain pwerpoint yang bisa kamu gunakan untuk menunjang aktivitas kamu. Semoga bermanfaat