Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kembangkan Bisnis Online Kamu Lewat 4 Fitur Telegram Ini

Kembangkan Bisnis Online Kamu Lewat  4 Fitur Telegram Ini


 

Selama pandemi Covid-19, para pelaku bisnis didorong untuk bisa bersikap adaptif dan inovatif dalam menghadapi tantangan berbisnis yang dijalankan.


Situasi pandemi yang semakin membaik di Indonesia akhir – akhir ini san semoga seterusnya akan semakin mambaik, dapat menjadi sebuah momentum yang baik bagi para pelaku usaha untuk mulai kembali mendorong performa bisnisnya. Misalnya, dengan mengembangkan strategi digital marketing di media sosial atau eksplorasi peluang bisnis lewat platform kirim pesan instan, seperti Telegram.


Berbeda dari platform layanan pengirim pesan instan lainnya, lewat berbagai fitur uniknya, Telegram juga bisa dimanfaatkan untuk semakin mengembangkan bisnis online kamu. Simak empat tips mengembangkan bisnis online lewat fitur-fitur di Telegram berikut:


1. Dapatkan tips dan edukasi seputar berbisnis dari channel Telegram

Di Telegram, para pelaku usaha juga bisa menemukan berbagai channel yang membahas seputar bisnis, seperti marketing, sales, dan masih banyak lagi. Bahkan, ada berbagai influencer bisnis yang aktif memberikan tips berbisnis lewat channel Telegram mereka masing-masing.

 

Beberapa channel edukatif yang bisa kamu ikuti seperti @punya_bisnis, @bisnisdigitalid, dan @bisnismillenial. Chanel – chanel tersebut membagikan berbagai tips dan trik berbisnis kepada para subscribers-nya di Telegram. Tentu saja, hal ini tidak boleh dilewatkan oleh kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis atau usaha dari rumah.


2. Gunakan bot untuk bantu jawab pertanyaan dari customer

Sebagai pemilik bisnis online, mungkin kamu sering mendapatkan pertanyaan serupa dari berbagai customer atau calon customer terkait dengan barang atau jasa yang dijual. Selain itu, mungkin juga sesekali kamu harus menghadapi komplain dari customer, padahal pesanan yang harus dipersiapkan sedang menumpuk, misalnya.


Dalam situasi seperti ini, kamu tidak perlu khawatir. Kamu tentunya butuh bantuan lebih untuk dapat memberikan layanan terbaik bagi customer, baik itu berupa menjawab pertanyaan maupun menghadapi komplain dari customer. Nah, di Telegram, kamu bisa membuat bot otomatis sebagai fitur customer support dari bisnis yang kamu jalankan.


Misalnya, kamu bisa membuat chatbot untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan. Namun, untuk mengaktifkan fitur ini, kamu perlu memiliki sedikit kemampuan coding atau bisa juga bekerja sama dengan pihak ketiga yang memberikan layanan pembuatan chatbot untuk bisnis yang dijalankan.


3. Maksimalkan fitur video call untuk meningkatkan kualitas layanan

Kalau fitur chatbot dirasa belum cukup untuk memenuhi kebutuhan customer support dari bisnis yang kamu miliki, kamu juga bisa memaksimalkan penggunaan fitur video call. Dengan fitur video call, kamu bisa mengadakan live Q&A bersama customer di grup Telegram.


Untuk menggunakan fitur ini, kamu bisa menekan simbol chat di ujung kanan atas grup Telegram, dan klik “Continue” untuk mengadakan video call instan. Kamu juga bisa memilih opsi “Schedule a video call” untuk menjadwalkan agenda live streaming untuk customer di grup Telegram guna memberikan layanan yang lebih teratur.


4. Tingkatkan engagement di Instagram lewat grup Telegram


Tahukah kalau di Telegram terdapat banyak grup untuk meningkatkan engagement bisnis di Instagram? Grup-grup ini biasanya disebut “Instagram Engagement Groups”. Lewat grup ini, anggota grup saling menyebarkan link post Instagram ke grup engagement, kemudian para anggota grup lainnya dapat memberikan likes dan comment.

 

Setelah mengetahui berbagai fitur Telegram di atas, sekarang saatnya kamu mulai mencoba langsung fitur-fitur tersebut untuk mengembangkan bisnis online yang dijalankan di masa pandemi ini. Semoga bermanfaat.