Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online

 

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online

Perkembangan teknologi mengantarkan dunia ke era digital. Kebiasaan-kebiasaan baru pun mulai bermunculan, tak terkecuali untuk kegiatan perkantoran. Bukan hanya pengumpulan formulir yang dapat dilakukan daring melalui Google Forms, pengesahan dokumen pun kini dibuat lebih ringkas dengan cara membuat tanda tangan digital.


Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu bisa melakukannya secara online melalui aplikasi-aplikasi yang banyak sekali tersedia di internet. Nah, di tulisan kali ini Pinterinternet akan menjelaskan cara membuat tanda tangan digital online melalui 10 aplikasi tanda tangan digital online terbaik saat ini.



Aplikasi Tanda Tangan Digital Online


1. Online Signature

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Online signature adalah aplikasi tanda tangan digital yang paling populer digunakan. Terlihat dari data Similarweb, periode Januari-Juni 2021 ini situs Online Signature sudah dikunjungi sebanyak 170 ribu kali dan negara Indonesia tercatat paling banyak menggunakannya.


Fitur yang ditawarkan beragam, kamu dapat mengupload dokumen dan langsung menandatanganinya. Jika kamu belum punya tanda tangan, tersedia signature generator yang akan membuatkannya untukmu dengan memasukkan nama. Ada juga cara membuat tanda tangan digital dengan menggerakkan mouse layaknya memakai pulpen di opsi Draw Signature.


Penandatanganan dokumen juga dapat dilakukan untuk lebih dari satu orang. Kamu tinggal memasukkan email atasan atau rekan kerja untuk meminta tanda tangan mereka di dokumen berformat  PDF yang kamu lampirkan.


2. Smallpdf

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Cara membuat tanda tangan elektronik juga dapat dilakukan menggunakan Smallpdf. Website ini menyediakan fitur untuk menandatangani dokumen PDF dengan mudah.


Kamu hanya tinggal menguploadnya dengan cara drag di kolom yang disediakan atau klik opsi Choose file untuk mencari dokumen dari komputer. Smallpdf juga memungkinkanmu untuk melakuan legalitas dokumen oleh lebih dari satu orang. Tidak tanggung-tanggung kamu dapat mengundang hingga 100 orang untuk ikut menandatangani.


Cara membubuhkan tanda tangannya pun disediakan 3 cara, yaitu menggoreskannya langsung menggunakan gerakan mouse, menuliskan nama atau mengupload file tanda tangan dengan format PNG dari komputermu.


Selain itu, kamu juga dapat menambahkan nama penandatangan dan tanggal. Tata letaknya pun bisa disesuaikan dengan mudah , hanya tinggal drag dan pindahkan ke posisi yang diinginkan.


3. Ilovepdf

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


IlovePDF ini adalah situs yang menyediakan segala fitur pengolahan dokumen bertipe PDF. Kamu bisa merger beberapa file PDF menjadi satu dokumen, split halaman-halaman menjadi dokumen terpisah, kompres ukuran, mengonversi PDF ke berbagai tipe file lain, dan masih banyak lagi.


Nah, fitur terbaru dari ilovePDF adalah sign PDF, di mana kamu dapat membubuhkan tanda tangan langsung di file PDF. Kamu bisa memasukkan file melalui drag and drop, memilih file dari komputer atau menggunakan link dropbox dan google drive tempat dokumenmu berada.


Tersedia dua pilihan antara menandatangani dokumen atau meminta tanda tangan. Untuk menandatangani, kamu bisa lakukan dengan menggambarnya secara langsung, mengetikkan nama atau mengunggah foto tanda tangan.


4. Signature Maker

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Jika kebutuhanmu hanya membuat tanda tangan digital bukan menandatangani suatu dokumen, kamu bisa menggunakan Signature Maker.


Kamu dapat membuat tanda tanganmu dengan menggambarkannya langsung menggunakan mouse atau menuliskan nama lalu mengatur font, kemiringan, background dan warnanya. Bahkan kamu dapat membuat tanda tanganmu bergerak seperti animasi.


Setelah selesai, kamu dapat mendownload hasilnya dalam format PNG atau Gif (untuk animasi).


5. Online Signature Creator

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Aplikasi satu ini benar-benar gak ribet dan simple. Saat kamu mengunjungi web-nya akan langsung ditampilkan kolom untuk menggambar tanda tangan. Silahkan gunakan mousemu, setelah itu klik save. Maka apa yang kamu gambar di kolom tersebut pun akan diunduh ke perangkatmu dalam bentuk file PNG dengan background transparan.


6. Hellosign

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Hellosign adalah aplikasi tanda tangan digital milik Dropbox. Hampir sama dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya, kamu dapat dengan mudah menandatangani dokumen, menambahkan tanggal dan menyematkan inisial yang dapat di atur tata letaknya dengan sistem drag & drop yang sederhana.


Selain itu, ada beberapa fitur tambahan seperti template, audit trail, branding dan lainnya. Aplikasi ini berbayar, namun menyediakan free trial yang bisa kamu manfaatkan untuk mencicipi semua fiturnya secara gratis. Untuk mengakses free trial kamu diwajibkan mendaftar dengan email atau aun Dropbox.


7. Yousign

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Yousign ini didesain untuk keperluan perusahaan. Kamu dapat mengatur hierarki tanda tangan dalam dokumen berdasarkan jabatan. Kamu juga dapat memonitoring progres penandatangan dokumen.


Selain itu, Yousign juga menyediakan fitur yang dapat mengirimkan notifikasi untuk mengingatkan orang yang bersangkutan jika dia belum menandatangani dokumen. Notifikasinya pun lengkap dengan menyebutkan batas waktu penandatanganan sesuai dengan yang diatur.


8. eSign Genie

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Selanjutnya kamu dapat menggunakan eSign Genie untuk keperluan penandatanganan dokumen-dokumen penting perusahaan. Aplikasi ini dapat memudahkanmu dalam meminta tanda tangan  orang-orang terkait.


Cara membuat tanda tangan digital di eSign Genie juga lebih mudah karena tersedia berbagai template dokumen, seperti kontrak, HIPAA declarations, Memorandum of Agreement (MOA) dan lain sebagainya.


9. Signature-maker

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Signature Marker adalah aplikasi tanda tangan digital yang mudah digunakan. Cara membuat tanda tangan digital di sini dapat dilakukan dengan menulis menggunakan mouse atau mengetikkan nama untuk ditampilkan dengan font tipe handwriting. Hasilnya dapat kamu download dalam bentuk PNG dengan background transparan.


Sedikit berbeda dari yang lain, Signature Marker menyediakan fitur tanda tangan untuk email yang lengkap dengan foto dan alamat.  Email signature ini nantinya dapat dengan mudah kamu copy dan paste di email dalam bentuk kode HTML.


10.  Eversign

10 Aplikasi Terbaik Untuk Membuat Tanda Tangan Digital Online


Terakhir adalah Ever Sign, aplikasi tanda tangan online ini dapat digunakan secara gratis. Kamu dapat menandatangani dokumen dengan cara menuliskannya menggunakan mouse,  mengetikkan nama atau upload foto tanda tangan yang sudah kamu siapkan.


Tidak hanya itu, jika kamu mengirim dokumen approval yang kamu sangat tunggu-tunggu untu segera ditandatangani, kamu dapat memonitoring progresnya secara digital. Ever Sign juga menyediakan template-template dokumen yang akan memudahkanmu.


Itulah cara membuat tanda tangan digital menggunakan aplikasi dengan sangat mudah dan cepat. Semoga bermanfaat