Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Online

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan Online



Ketika membuka bisnis baru, sudah semestinya setiap pemilik usaha tersebut untuk memasarkan produk, dan meningkatkan brand awareness kepada calon konsumen.


Beruntungnya, di jaman sekarang ini dunia digital semakin luas dan sebagian besar orang telah memiliki jaringan internet. Oleh karena itu, ide kreatif untuk meningkatkan penjualan saat ini terbilang lebih efesien dan efektif.


Misalnya saja, beberapa tahun lalu sebelum internet belum menjamah secara luas, promosi-promosi produk masih menggunakan cara-cara yang agak ribet, seperti menyebar brosur, beriklan di koran atau media televisi, dan lain sebagainya.


Sekarang, munculnya sosial media, dan website tentu memudahkan promosi produk tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Nah, ini dia beberapa ide kreatif untuk meningkatkan penjualan:


  • Review Produk di Tik Tok

Tidak dapat dipungkiri, seiring berjalannya waktu pengguna Tik Tok kian terus bertumbuh. Dengan begitu, sering bukan kita melihat hal-hal yang viral? Barang unik dikit viral, makanan enak dikit viral.


Melihat trend tersebut, Kamu bisa manfaatkan produk Kamu untuk di-review oleh para Tik Tok-ers. jangan jauh-jauh, jika Kamu memiliki followers yang cukup, Kamu bisa review sendiri saja. Selain tidak memerlukan modal untuk membayar, Kamu juga bisa mengetahui sejauh mana insight video.


  • Membuat Give Away di Sosial Media

Siapa sih yang tidak suka dengan Give Away? Rasanya semua orang menyukai hal ini. Nah, Kamu bisa adopsi ide kreatif untuk meningkatkan penjualan ini untuk meningkatkan followers produk Kamu.


Dengan semakin banyaknya pengikut sosmed Kamu, maka semakin terkenal juga produk Kamu dan semakin banyak juga pembeli produk Kamu. Jangan lupa juga, saat membuat give away, Kamu bisa menyisipkan persyaratan bahwa untuk setiap orang yang mengikuti, harus mem-follow akun produk milik Kamu.


  • Menggunakan Instagram Ads, Facebook Ads, Tik Tok Ads, Google Ads

Jangan ragu untuk beriklan di platform yang Kamu gunakan. Beriklan di sana lebih efektif karena algoritma kecerdasan buatan bisa Kamu manfaatkan untuk mencapai target audience tertentu. Misalnya saja Kamu menjual produk sepatu sneakers.


Maka Kamu bisa memililih tujuan iklan ke orang dewasa atau dalam rentang usia tertentu. Hal ini akan lebih efektif menjangkau pasar ketimbang beriklan secara umum yang belum tentu orang membutuhkan.


  • Membuat Promo-Promo Dengan Nama yang Unik

Kalau kita melihat iklan-iklan dari perusahaan besar seperti Gojek, Axis, Shopee, dan lainnya pasti mereka mengadopsi nama-nama unik yang mudah diingat untuk promo produknya. Nah, hal ini tentu bisa Kamu manfaatkan.


Misalnya saja Kamu menjual kuliner, Kamu bisa terapkan dengan nama unik seperti Pak Rahmat = Paket Ramadhan Hemat. Umumnya orang-orang saat ini lebih senang melihat hal-hal yang unik dan menarik.


  • Membuat Website Bisnis

Membuat website dengan nama domain brand Kamu akan membuat brand Kamu lebih profesional dan terpercaya. Saat ini banyak sekali penyedia domain dan hosting murah yang bisa Kamu andalkan. Kalau Kamu ingin website bukan hanya sebagai etalase produk, sekalian saja Kamu buat menu transaksi agar konsumen dapat lebih mudah untuk membeli produk Kamu.


  • Membuat LinkTree

Linktree sendiri merupakan landing page berisi short link yang bertujuan untuk mengarahkan langsung platform penjualan kepada calon konsumen. Misalnya Kamu menjual produk Kamu di Shopee, Tokopedia, Instagram, dan sebagainya.


Supaya terlihat lebih rapih dan calon konsumen bisa melihat langsung dengan mengunjungi tempat-tempat di mana produk Kamu dijual, maka short link Linktree akan membantu untuk menyusunnya sehingga orang akan lebih mudah mengunjungi karena bisa langsung dalam sekali klik.


Untuk mulai membuat short link, Kamu bisa mencobanya secara gratis melalui situs resminya di https://linktr.ee/.


  • Jual di Marketplace E-Commerce

Adanya e-commerce ini merupakan peluang yang sangat baik bagi para pengusaha yang ingin lebih meningkatkan penjualannya. Umumnya orang saat ini lebih suka berbelanja secara online ketimbang datang langsung ke toko.


  • Pantau Kompetitor

Memang menjadi hal yang wajib untuk memantau pesaing atau kompetitor. Hal ini bukan tanpa alasan, Kamu bisa memantau mereka untuk mengetahui ide-ide apa yang sedang mereka kembangkan, melihat harga produk agar tidak terlalu ketimpangan dengan harga produk Kamu, lalu juga melihat strategi penjualan mereka.


  • Menawarkan Sampel Produk

Tidak bisa dipungkiri deh, bahwa kita semua menyukai barang-barang gratis. Nah, menawarkan sampel produk merupakan salah satu ide kreatif untuk meningkatkan penjualan yang juga sering diadopsi oleh brand-brand ternama.


Hal ini menjadi strategi promosi yang terbilang efektif, karena calon konsumen akan mengetahui kualitas dn sense produk Kamu sehingga mereka akan membeli dan merekomendasikan produk Kamu kepada orang-orang terdekatnya.


  • Melakukan Inovasi

Yup, banyak sekali pengusaha sukses yang bilang bahwa inovasi merupakan poin penting yang wajib setiap pengusaha terapkan. Di jaman yang serba cepat ini, jika tidak melakukan inovasi cepat atau lambat akan kalah saing.


  • Ramah Terhadap Pelanggan

Seperti kata Jack Ma, suksesnya produk juga ditentukan dengan pelayanannya. Semakin baik pelayanan, maka para pelanggan juga akan semakin nyaman untuk berkunjung lagi ke depannya. Sebisa mungkin untuk ramah terhadap pelanggan agar mereka merasa dilayani dengan baik.


Semoga Bermanfaat.