Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merestart HP Oppo

Cara Merestart HP Oppo



Menginstall ulang pabrik atau yang sering disebut reset HP memang kerap digunakan pengguna HP untuk mengatasi perangkatnya yang mengalami kendala seperti kinerja HP yang lemot, error, ataupun ingin meng-custom ROM. Untuk install ulang pabrik memang berbeda pada setiap tipe HP. Nah, jika Kamu pengguna HP OPPO dan ingin melakukan install ulang pabrik untuk menyegarkan kembali HP, di artikel kali ini kami akan membagikan cara reset HP OPPO dengan mudah. Pastikan simak cara instal ulang hp Oppo ini hingga tuntas agar berhasil.


Namun sebelum masuk ke pembahasan, perlu Kamu pahami sebagai pengguna smartphone, istilah reboot atau restart dengan istilah reset merupakan sebuah kegiatan yang berbeda. Reboot atau restart sendiri merupakan kegiatan menghidupkan kembali perangkat untuk menyegarkan (refresh) kinerja HP supaya lebih optimal.


Biasanya restart atau reboot digunakan saat HP sudah panas, ngelag, atau terlalu banyak membuka aplikasi. Sementara reset atau dalam istilah Indonesianya kembali ke pengaturan pabrik merupakan kegiatan mengembalikan sistem HP menjadi seperti saat pertama kali pengguna akses.


Dengan kata lain, dengan pengguna mengembalikan HP ke pengaturan pabrik, maka setiap data dan aplikasi yang tersimpan di memori internal akan terhapus semua, termasuk sampah file dan cache.


Nah, tentunya cara reboot HP Oppo dan cara reset HP Oppo berbeda. Tapi tenang, jika Kamu masih kesulitan mengetahui caranya, berikut beberapa cara kembali ke pengaturan awal hp oppo dengan mudah.


  • Langkah pertama, silakan Kamu untuk pergi ke menu pengaturan di HP


  • Pilih Opsi Additional Settings

Setelah masuk ke menu pengaturan, Kamu bisa gulir ke bawah dan klik menu additional settings atau pengaturan tambahan.


  • Pilih Pada Opsi Back Up and Reset

Kemudan Kamu bisa gulir lagi ke bawah dan pilih opsi Back Up and Reset atau dalam bahasa Indonesia berarti Buat Cadangan dan Reset.

  • Masuk Ke Menu Reset to Factory Settings atau Reset Ke Data Pabrik

Jika sudah, Kamu bisa mulai menginstal hp oppo / reset dengan memilih pilih opsi Reset to Factory Settings.


  • Pilih Cara Reset HP Oppo Yang Diinginkan.

Sistem Oppo akan memberikan 4 opsi reset. Agar tidak bingung dan meminimaisir kesalahan, maka kami akan memberikan penjelasan masing-masing opsi. Karena begitu Kamu memulai reset, Kamu tidak akan bisa membatalkannya.


5 Opsi Reset HP Oppo:


1. Reset Pengaturan Sistem Saja

Pilihan ini akan mengatur ulang semua pengaturan sistem tanpa menghapus data atau file media apapun.

 

2. Hapus Aplikasi yang Diunduh dan Data Aplikasinya

Opsi ini akan menghapus aplikasi yang dapat dihapus dan semua data aplikasi kecuali file aplikasi yang disimpan oleh pengguna, seperti foto dan musik.

 

3. Bersihkan Semua Data

Melalui pilihan ini, semua data ponsel OPPO akan dihapus termasuk konten, pengaturan, foto dan musik. Ponsel OPPO akan disetel ulang ke keadaan awal yang tidak aktif, yaitu keadaan pabrik.


4. Bersihkan Kontak dan Riwayat Panggilan di Telepon Ini

Dengan memilih opsi ini, semua kontak dan riwayat panggilan di kartu SIM akan terhapus. Hanya kontak di kartu SIM yang akan tetap ada. Data lain di ponsel OPPO tidak akan terpengaruh.


5. Bersihkan Pesan SMS dan MMS di Telepon Ini

Dengan memilih opsi ini, semua pesan SMS dan MMS di kartu SIM akan terhapus. Hanya pesan SMS di kartu SIM yang akan tetap ada. Data lain di ponsel OPPO tidak akan terpengaruh.


Silakan pilih opsi reset sesuai kebutuhan Kamu.


Catatan : Karena reset atau instal ulang pabrik akan menghapus semua data, aplikasi dan file yang ada di memori internal, maka sebaiknya Kamu mem-backup atau cadangkan file terlebih dahulu. Kamu bisa backup di layanan penyimpanan Google Drive, atau juga bisa di memori eksternal agar data-data penting tidak hilang saat perangkat berhasil di reset.


Cara Reset HP Oppo Melalui Recovery Mode


Selain cara reset HP Oppo melalui menu pengaturan, pengguna juga bisa menggunakan recovery mode atau mode pemulihan untuk menginstall ulang pabrik HP Oppo. Namun menurut kami cara ini tidak cukup mudah dibanding dengan cara reset hp Oppo melalui pengaturan.


Selain itu juga beresiko. Namun jika Kamu mencari cara alternatif, mungkin cara reset HP Oppo melalui recovery mode bisa menjadi opsi. Berikut langkah-langkahnya:


  1. Pertama, Silakan Kamu matikan atau off HP Oppo
  2. Setelah HP mati, Kamu bisa menekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik hingga masuk ke recovery mode. (tombol power adalah yang biasa digunakan untuk mematikan HP).
  3. Nantinya Kamu akan masuk ke recovery mode dengan tampilan latar hitam.
  4. Kemudian akan ada pilihan bahasa. Silakan Kamu pilih bahasa yang ingin digunakan. Namun untuk memudahkan, gunakan bahasa Inggris saja.
  5. Di mode ini Kamu tidak akan bisa menggunakan layar sentuh / touch screen. Semua pergerakan dialihkan ke tombol volume atas dan bawah (volume atas untuk menggeser kursor ke atas, dan sebaliknya. Untuk konfirmasi atau OK, Kamu bisa gunakan tombol power).
  6. Di sini Kamu bisa pilih menu Wipe Data.
  7. Lalu Kamu bisa input PIN atau kode verifikasi jika diperlukan. Selanjutnya langsung pilih menu Format Data.
  8. Jika sudah yakin ingin reset pabrik, Silakan pilih Format.
  9. Maka proses instal ulang pabrik akan berjalan. Kamu bisa tunggu dan jangan sekali-kali untuk mengotak-atik HP ketika proses reset berjalan atau akan terjadi error nantinya.
  10. Kamu juga bisa memuat ulang perangkat dengan menekan Reboot jika sistem tidak melakukannya secara otomatis.

Itulah cara reset HP Oppo melalui recovery mode. Namun sekali lagi, seperti yang kami bilang cara ini beresiko dan tidak kami rekomendasikan. Kamu bisa coba cara yang lebih mudahnya melalui pengaturan, karena semua akan berjalan otomatis.


Cara Restart Oppo Untuk Menyegarkan Sistem


Jika sekiranya HP Oppo Kamu ngelag atau nge-freeze namun Kamu tidak ingin melakukan reset pabrik karena belum sempat backup data, Kamu bisa gunakan mode reboot Oppo untuk menyegarkan sistem. Perbedaan reboot dengan reset telah kami jelaskan sebelumnya.


Untuk cara refresh hp Oppo, ikuti langkah-langkah mudah berikut ini:


  1. Tekan tombol power HP Oppo selama beberapa detik
  2. Maka nantinya akan muncul opsi “Hidupkan Kembali / Reboot”, dan “Matikan Perangkat”.
  3. Silakan pilih opsi “reboot“.
  4. Tunggu beberapa saat ketika sistem menghidupkan ulang perangkat.
  5. Selesai.

Sebenarnya sering me-reboot HP cukup direkomendasikan lho. Pasalnya dengan begitu, perangkat tidak akan terus-terusan bekerja terlebih jika Kamu jarang menutup aplikasi yang digunakan sebelumnya. Karena jika perangkat tidak sering disegarkan, bisa-bisa perangkat akan mengalami overheat sehingga membuat kinerja lemot.



Semoga bermanfaat.