Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Agar HP Oppo Tidak Mudah Lemot

Tips Agar HP Oppo Tidak Mudah Lemot



Setelah mengetahui cara reset HP Oppo, tentunya kamu juga bisa memperhatikan kinerja HP. Nah, jika sistem di ponsel terasa lemot, tentunya akan membuat tidak nyaman dan cukup menganggu saat digunakan. Terlebih jika perangkat HP digunakan untuk menunjang pekerjaan. Nah, ada beberapa tips agar perangkat ponsel Kamu tidak mudah mengalami lag atau lemot. Berikut tipsnya


  • Sesuaikan Jumlah Aplikasi Dengan Memori dan RAM HP

Tips pertama agar HP tidak lemot yaitu sesuaikan jumlah aplikasi yang di instal dengan kapasitas memori dan RAM HP Kamu. Jangan mentang-mentang HP tersebut baru, Kamu langsung menginstall banyak aplikasi terlebih game-game berukuran besar.


Lihat dahulu spesifikasi ponsel milik Kamu, jika dirasa hanya memiliki kapasitas memori di bawah 64 Gb dan RAM hanya 4GB, sebaiknya instal aplikasi yang dibutuhkan saja.

  • Tambahkan Memori Eksternal / SD Card

Tips ini juga direkomendasikan, pasalnya dengan menambahkan memori eksternal maka tidak akan membuat memori internal penuh dan membuat kinerja sistem lebih optimal.


Terlebih jika Kamu orang yang gemar mengoleksi foto-foto, video film atau series anime, e-book, dan musik di HP, sebaiknya gunakan memori eksternal agar tidak membuat penuh memori. Cara alternatif agar memori internal tidak penuh yaitu Kamu bisa manfaatkan penyimpanan berbasis cloud sepert Google Drive.


  • Sering Membersihkan Cache Aplikasi

Biasanya beberapa aplikasi media sosial dan chatting seperti Instagram, Tik Tok, WhatsApp, dan Line memiliki cache atau file sampah yang cukup besar, terlebih WhatsApp. Nah, Kamu sering-sering saja menghapus cache aplikasi agar tidak memakan banyak memori.


Juga Kamu bisa menghapus foto-foto dan video di galeri WhatsApp yang tidak dibutuhkan. Memang banyak pengguna kerap kurang sadar akan hal ini, sehingga sampah file terus-terusan menumpuk dan membuat penyimpanan internal ponsel menjadi penuh.


 

Biasanya fitur penghapus sampah sudah ada di setiap HP termasuk HP Oppo ini. Namun jika belum memiliki, Kamu bisa mengunduh aplikasi pembersih sampah file di Google Play Store.


  • Tidak Membuka Situs Sembarangan

HP yang menjadi lemot bukan hanya datang dari faktor internal, namun juga bisa dari faktor eksternal seperti masuknya vius atau malware akibat pengguna ceroboh mengakses sesuatu dengan tidak hati-hati.


Biasanya malware datang dari situs ilegal seperti situs film dewasa, situs streaming film bajakan, ataupun situs pengunduh aplikasi MOD. Sebaiknya Kamu kurang-kurangi mengakses situs tersebut, karena beresiko buruk untuk perangkat.


Semoga Bermanfaat.