Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

 

Cara Mengatasi Memori Penuh Tanpa Menghapus Aplikasi

HP yang terlalu sering digunakan dalam jangka waktu yang lama, pasti mengalami masalah kapasitas memori yang penuh. Biasanya untuk mengatasi memori penuh bisa dilakukan dengan cara menghapus aplikasi-aplikasi yang sudah diunduh.

Tetapi tahu nggak sih kalau ternyata ada berbagai cara mengatasi memori penuh selain menghapus aplikasi loh. Kira-kira apa saja ya?


Hapus Database Whatsapp

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori penuh adalah menghapus database Whatsapp. Sebab aplikasi chatting satu ini biasanya menyimpan percakapan secara otomatis ke dalam database setiap harinya.

Jika kamu semakin sering menggunakan Whatsapp, maka semakin besar juga ukuran database yang disimpan. Sebab semakin besar ukuran database Whatsapp, maka performa HP kamu akan lemot dan memori langsung penuh dalam waktu cepat.

Solusi untuk mengatasi permasalahan ini tentu sangat mudah, kamu tinggal membuka file manager yang sudah ada di HP. Kemudian langsung cari Whatsapp, lalu klik Database. Jika sudah langsung hapus file database.

 

Menghapus Video dan Foto di Aplikasi Messenger

Selanjutnya, ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi memori penyimpanan penuh. Mirip seperti sebelumnya, aplikasi Messenger ini tentu memakan banyak ruang penyimpanan.

Sebab, aplikasi ini dapat menyimpan banyak percakapan, foto, dan video sehingga membuat ukuran database penuh dalam waktu singkat.

Buat mengatasi permasalahan ini kamu hanya perlu menghapus foto dan video yang sudah diunduh secara otomatis lewat galeri atau file manager. Jika lewat file manager, kamu bisa langsung tulis Whatsapp di kolom pencarian.

Jika sudah langsung klik Whatsapp lalu klik Media, selanjutnya klik images, audio, video, dan sebagainya.

Biasanya setiap folder terdapat folder yang disebut Sent yang berisi file-file yang telah dikirim sebelumnya. Kamu bisa menghapus file tersebut untuk mengurangi penyimpanan internal.

 

Hapus File Sampah

Ada juga tips atau cara mengosongkan ruang penyimpanan lainnya yang bisa kamu coba di rumah yaitu, menghapus file sampah. Sesuai dengan namanya, file sampah atau junk folder biasanya menyimpan file-file tidak penting yang bisa mempengaruhi kinerja HP.

Biasanya file sampah ini jarang sekali dilakukan penghapusan secara teratur, sehingga jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi memori penyimpanan penuh tapi tidak menghapus file sampah, maka sia-sia saja.

Jika ingin mengosongkan memori lewat hapus file sampah ini kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi penghapus sampah atau file manager atau Files dari Google.

Kalau kamu merasa nggak cocok dengan Files, kamu juga bisa mengunduh berbagai aplikasi lainnya untuk menghapus sampah pada HP. Tetapi jangan lupa untuk membaca kembali ulasan dari pengguna sebelumnya.

Tujuannya untuk mengetahui bagaimana kinerja dari aplikasi yang sudah diunduh sekaligus cari tahu review-review dari pengguna sebelumnya. Jadinya, kamu nggak merasa sia-sia deh saat mengunduh aplikasi tersebut.

 

Membersihkan Tong Sampah dan Merestart HP

Kemudian ada juga cara mengatasi memori penyimpanan penuh lainnya yang bisa kamu tiru yaitu, membersihkan tong sampah dan merestart HP. Solusi ini cocok buat kamu yang merasa bahwa ruang penyimpanan masih terasa penuh.

Langsung saja cek tong sampah atau trash yang ada pada HP kamu, sebab kemungkinan ada beberapa file yang sudah dihapus masih berada di situ, makanya itu kamu bisa menghapus langsung file-file tersebut.

Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa lakukan langkah lainnya yaitu restart HP untuk mengetahui bagaimana perubahan dari sebelum dihapus dan sesudahnya. Buat langkah ini, kamu hanya perlu klik tombol power dalam waktu lama kemudian langsung klik restart.

Cara mengatasi memori penuh tanpa menghapus aplikasi di HP Samsung ini juga bisa kamu terapkan untuk HP dari berbagai merek lainnya. Jadinya kamu nggak perlu khawatir apabila HP kamu tidak bisa menggunakan solusi ini.

 

Hapus Semua Unduhan di YouTube

Buat kamu yang sering mengunduh video YouTube dan merasa penyimpanan memori internal selalu penuh, maka bisa mengatasinya dengan cara satu ini. Langkah yang perlu kamu lakukan adalah menghapus semua unduhdan di YouTube.

Kamu hanya perlu buka aplikasi YouTube, lalu klik fitur download, tunggu beberapa saat sampai video yang kamu unduh sudah dimuat.

Kemudian, jika sudah langsung saja hapus semua video unduhan YouTube, jangan lupa untuk memastikan kembali apakah masih ada video yang masih belum dihapus. Kalau sudah, maka secara otomatis memori penyimpanan tidak penuh lagi deh.


Semoga Bermanfaat