Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Saat Mati Lampu

 

Cara Mengatasi Sinyal Hilang Saat Mati Lampu

Jika ingin tahu solusi sinyal hilang saat mati lampu, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah cari tahu alasannya terlebih dahulu.

Sebab hal ini memungkinkan kamu untuk mengetahui bagaimana solusi yang tepat untuk mengatasi sinyal HP hilang. Biasanya permasalahan sinyal hilang ini dikarenakan beberapa faktor, diantaranya:

Perangkat pemancar daya mati, menara seluler biasanya membutuhkan daya listrik untuk beroperasi sehingga jika dayanya mati maka bisa berpengaruh ke sinyal seluler.

Baterai stasiun ponsel habis, baterai pada stasiun ponsel tentu memiliki batasan daya, saat pemadaman listrik berlangsung lama dan baterai habis maka bisa menyebabkan sinyal hilang.

Basis stasiun ponsel mati, kalau pemadaman listrik melibatkan pusat-pusat listrik maka stasiun ponsel akan beralih ke sumber daya cadangan, hal ini bisa berpengaruh ke kualitas sinyal.

Kerusakan infrastruktur, pemadaman listrik bisa saja disebabkan adanya bencana alam yang bisa membuat kerusakan pada infrastruktur telekomunikasi, sehingga berpengaruh pada kualitas sinyal.

Gangguan jaringan listrik lokal, pemadaman listrik juga bisa menyebabkan gangguan jaringan listrik lokal mendukung perangkat komunikasi, seperti perangkat jaringan dan router.

Pengaruh pada perangkat penerima di HP, pada kasus tertentu saat pemadaman listrik bisa berpengaruh pada perangkat penerima di ponsel dan mampu mengganggu kemampuan menangkap sinyal.

Peralihan layanan ke sumber cadangan, proses peralihan antara sumber daya utama dan cadangan bisa memerlukan waktu, hal ini menyebabkan adanya gangguan sementara pada sinyal.

Cara Mengatasi Sinyal Hilang saat Mati Listrik

Setelah mengetahui apa saja alasan yang bisa menyebabkan sinyal hilang, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana solusinya.

Beberapa solusi ini tentu memungkinkan kamu untuk menghemat pengeluaran untuk service ke tukang service HP. Ada beberapa cara mengatasi sinyal hilang yang bisa kamu coba langsung di rumah, yakni:

  1. Pergi ke luar rumah, cara memperkuat sinyal bisa dilakukan dengan cara ke luar rumah untuk bisa mendapatkan jaringan sinyal yang jauh lebih kuat.
  2. Mengaktifkan mode pesawat, cara ini memungkinkan pengguna untuk memulai ulang jaringan sehingga perangkat bisa mencari jaringan sinyal baru yang ada di sekitar.
  3. Berpindah ke lokasi lain, kalau memang ke luar rumah tidak jadi solusi, maka kamu bisa berpindah ke lokasi lainnya yang kira-kira memiliki jaringan sinyal yang jauh lebih kuat.
  4. Restart HP, cara lainnya untuk mengatasi sinyal hilang adalah memulai ulang atau restart HP, langkah ini bisa membantu menghentikan eror yang bisa membuat sinyal tidak kunjung muncul.
  5. Mengatur ulang APN, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinyal hilang adalah memeriksa ulang APN di ponsel, kamu bisa langsung mengeceknya di menu pengaturan lalu klik menu APN.
  6. Hubungi call center operator seluler, jika sinyal tidak kunjung muncul maka bisa diatasi dengan cara menghubungi call center operator seluler, kamu bisa mendapatkan nomornya dari kartu SIM atau cari di internet.
  7. Menunggu jaringan kembali normal, ada juga cara lainnya untuk mengatasi permasalahan sinyal hilang yaitu menunggu jaringan normal kembali, biasanya cara ini membutuhkan beberapa menit hingga jam tergantung listrik mati.

Semoga Bermanfaat