Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Membuat CV di HP Android Dengan Hasil Yang Menarik

 

Cara Mudah Membuat CV di HP Android

Bagi pelamar kerja, CV atau resume merupakan dokumen penting yang harus dipersiapkan sebaik mungkin. Berbeda dengan dulu, kini kamu sudah ada banyak cara buat CV di HP dengan mudah yang bisa langsung dicoba, kira-kira bagaimana ya?

 

Unduh Aplikasi Template CV

Cara buat CV di HP pertama yang bisa kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi template CV melalui Google Play Store atau App Store. Ada beberapa pilihan aplikasi yang bisa kamu unduh, salah satunya adalah Canva.

Sebelum mengunduh aplikasi bikin CV di HP kamu tentu perlu membaca review sekaligus ulasan pengguna sebelumnya. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir kesalahan saat menggunakan aplikasi tersebut.

Jika sudah menganalisa review dan ulasan pengguna sebelumnya, kamu bisa melanjutkan langkah selanjutnya yaitu, membuat akun. Kalau kamu mengunduh aplikasi Canva, maka bisa mendaftarkannya lewat akun Google yang sudah terhubung di HP.

 

Pilih Template CV

Langkah bikin CV di HP selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memilih template CV yang sudah tersedia. Sebelum memilih, jangan lupa untuk memastikan kembali kalau template CV yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan atau pekerjaan yang sedang dilamar.

Kalau pekerjaan yang kamu lamar berhubungan dengan desain atau bidang kreatif, biasanya membutuhkan CV dengan template yang menarik dan kreatif. Hal ini dilakukan agar para HRD tertarik sekaligus mengetahui tingkat kreatifitas para pelamar.

Sementara itu, untuk kamu yang melamar pekerjaan selain di bidang kreatif, maka bisa membuat CV di HP dengan template yang formal atau tidak berwarna. Tujuannya agar para HRD mengetahui kalau para pelamar professional dan lebih menonjolkan isi dari CV.

 

Mengisi Informasi Pribadi

Sementara itu, cara buat CV lamaran kerja di HP selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengisi informasi pribadi. Sesuai dengan yang yang dibahas sebelumnya, jika kamu membuat CV tentu harus mencantumkan beberapa informasi pribadi didalamnya.

Ada beberapa informasi pribadi yang bisa kamu isi seperti nama lengkap, email, nomor telepon, akun sosial media, hingga informasi akademis.

Semua informasi tersebut dibutuhkan untuk mengetahui latar belakang para pelamar, sekaligus memungkinkan para HRD untuk bisa menghubungi para pelamar. Makanya itu, jangan lupa untuk memastikan kembali kalau semua informasi yang dituliskan sudah sesuai dan tidak ada kesalahan.

 

Mengisi Bagian-bagian CV

Langkah selanjutnya dalam cara buat CV di HP adalah mengisi bagian-bagian CV, jika kamu sudah sering membuat CV mungkin sudah tahu kalau ternyata ada bagian dari dokumen ini yang perlu diisi untuk kebutuhan latar belakang.

Bagian-bagian CV yang perlu diisi disini pertama adalah pengalaman bekerja, pada poin ini kamu bisa menjelaskan kamu pernah bekerja pada posisi apa, di perusahaan apa, berapa lama atau jangka waktu bekerja, hingga detail pekerjaan yang dilakukan atau jobdesk.

Dalam penulisan pengalaman bekerja ini, kamu perlu menuliskannya secara jelas namun dengan cara singkat. Tujuannya adalah agar HRD bisa dengan mudah membaca dan memhami CV kamu dalam waktu singkat.

Jika kamu tidak atau masih belum memiliki pengalaman bekerja, maka bisa menuliskan pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Hampir sama dengan sebelumnya, pada bagian ini kamu bisa menuliskan organisasi apa yang diikuti, posisi apa, berapa lama, dan kegiatan apa yang dilakukan.

Setelah itu, kamu bisa mengisi bagian lainnya yaitu skill atau kemampuan yang dimiliki. Pada bagian satu ini kamu bisa menjelaskan skill atau kemampuan apa yang didapatkan dari pengalaman bekerja atau pengalaman organisasi.

Kalau kamu memiliki portofolio yang mendukung, maka bisa mencantumkannya pada poin selanjutnya. Kamu bisa memasukkan portofolio berupa link agar lebih memudahkan HRD atau para perekrut saat ingin mengecek.

 

Simpan dan Bagikan CV

Jika sudah, langkah selanjutnya dari cara buat CV di HP adalah menyimpan dan membagikannya. Sebelum menyimpannya jangan lupa untuk melakukan pengecekan kembali untuk memastikan bahwa semua bagian yang diisi sudah sesuai atau belum.

Kamu bisa melakukan menyimpan CV sesuai dengan format dokumen yang dibutuhkan, jika lowongan yang dilamar meminta untuk mengirimkan format PDF maka bisa disimpan dengan format tersebut, begitu pula jika diminta mengirimkan format word.

Jangan lupa untuk menyimpan CV yang sudah dibuat dengan format yang sesuai, agar lebih memudahkan kamu dan HRD untuk menemukan CV. Langkah ini juga bisa membuat kamu terlihat lebih professional di mata HRD, jadi bisa dapat nilai plus deh.


Semoga Bermanfaat