Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Kamera Hp Android Buram


Mengambil momen baik itu berupa foto atau video sudah menjadi kebiasaan yang lumrah sekarang ini.  Malahan produsen – produsen hp android berlomba – lomba membuat kamera dengan kualitas yang bagus disertai dengan software yang mumpuni. Bahkan sampai pada tahap menanamkan beberapa kamera pada hp produksi mereka dengan ukuran megapiksel yang semakin besar.

Namun banyak pengguna hp android yang mengalami masalah disektor kamera ini seperti hasil foto yang blur atau buram.  Hasil foto yang demikian bisa disebabkan oleh software atau hardware kamera yang bermasalah.  Saya akan memberikan tips agar hasil foto melalui kamera hp android menghasilkan gambar yang bagus, sehingga hasil foto yang bagus itu bisa kamu share ke media social seperti facebook, instagram atau twitter.

Baik langsung saja ke pokok pembahasan yaitu cara mudah dan sederhana mengatasi kamera hp android kamu yang buram.

Tips Mengatasi Kamera Hp Android Buram

Setiap hp android memiliki fitur dan pengaturan tambahan yang berbeda – beda ,karena tergantung pada spesifikasi kamera serta software dari hp android itu sendiri. jadi saya ambil secara umumnya saja dimana hampir semua hp android memiliki fitur ini.

1. Pengaturan Resolusi

Pada kamera hp android kamu pasti ada pengaturan resolusi. Caranya sangat mudah kamu tinggal msuk ke menu pengaturan pada hp android kamu lalu pada bagian reslusi kamu plih resolusi yang paling besar. Dengan langkah ini foto yang dihasilkan dengan kamera hp android kamu akan semakin jelas, tetapi akan mempunyai ukuran file foto yang cukup besar. Jadi bisa kamu simpan foto – foto kamu kedalam microSD saja.

2. Pergunakan Fokus Secara Manual

Ketika akan mengambil foto, kamu tentukan titik fokus pada foto itu dibagian yang menurut kamu sesuai.  Kamu bisa menekan objek yang ingin kamu jadikan titik fokus, misalnya kamu ingin memfoto orang kamu bisa menekan pada wajahnya sebagai titik fokus. Foto yang kamu hasilkan akan terlihat jernih dan lebih fokus.

3. Minimalisir Guncangan

Hal ini sering terjadi ketika kamu mengambil foto terjadi guncangan karena cara kamu memegang hp android kurang benar.  Peganglah hp android kamu dengan dua tangan atau akalau perlu menggunakan alat bantu seperti tripod atau gorilla pod aga lebih stabil dalam mengambil foto. Bisa juga menggunakan tongsis jika penggunaan tripod dirasa terlalu ribet. Pastikan juga objek foto tidak bergerak untuk mendapatkan hasil yang bagus. Jadi usahakan hp android kamu dan objeknya tidak bergerak ya.

4. Aktifkan fitur HDR

Dengan fitur HDR kamu bisa mendapatkan sebuah foto dengan hasil yang baik dalam sekali jepretan. Dengan fitur HDR ini komposisi warna yang dihasilkan dari kamera hp android kamu akan terlihat lengkap dan natural. Hp android sekarang pasti punya fitur HDR ini, kamu tinggal mengaktifkannya secara manual ayau secara otomatis.

5. Pencahayaan

Untuk mendapatkan hasil foto yang bagus kamu juga harus memperhitungkan pencahayaan yang ada disekitar objek foto.  Gunakan settingan ISO secara manual untuk mendapatkan pencahayaan yang maksimal jika perlu gunaka LED flash yang tersedia pada kamera hp android kamu. Kalau saran saya sih gunakan sumber cahaya yang lain seperti lampu atau cahaya matahari agar hasilnya lebih memuaskan ketimbang menggunakan flash.

6. Pergunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika hasil foto dengan aplikasi kamera bawaan hp android kamu belum puas, kamu bisa mempergunakn aplikasi dari pihak ketiga. Misalnya kamu bisa mendownload aplikasi google cam. Dan setelah itu kamu bisa membandingkan mana yang menghasilkan foto yang bagus. Apakah aplikasi kamera bawaan atau aplikasi pihak ketiga.

7. Bersihkan Lensa Kamera Hp Android Kamu

Yang sering dilupakan adalah membersihkan kamera hp android kamu sebelum melakukan tugasnya. Karena saya sering mengalami hasil foto yang kurang memuaskan karena ternyata ada noda keringat atau minyak pada lensa kamera hp android. Jadi kamu pastikan baha lensa kamera kamu dalam keadaan bersih ya, untuk membersihkannya kamu bisa menggunakan kain lap khusus atau kalau dalam keadaan darurat bisa menggunakan kain baju yang halus agar lensa kamu tidak mengalami baret.

8. Edit Foto Menggunakan Aplikasi

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan tetapi hasilnya masih belum memuaskan . kamu tinggal menggunakan aplikasi edit foto untuk menghasilkan foto akhir yang bagus. Banyak sekali macam aplikasi edit foto di google playstore dari yang gratisan sampai berbayar.

Itulah tips mengatasi kamera hp android buram, cara – cara diatas sudah sering saya terapkan pada kamera hp android saya dan hasilnya cukup memuaskan buat saya. Oh iya …spesifikasi kamera hp android kamu juga menentukan kualitas foto yang dihasilkan  nantinya. Kalau spesifikasinya tinggi pasti hasilnya sangat bagus.